Cruising, Kiel - Oslo

Singkat cerita akhirnya aku sampai di pelabuhan Norwegenkai Kiel yang merupakan tempat berlabuhnya cruising ship Color Line - Color Fantasy.

Chef membagi-bagikan kartu kabin yang juga berfungsi sebagai kartu-kunci-pintu-kabin dan kacis masuk ke gala dinner. Dia juga memberi kami dua buah kupon untuk dua kali sarapan. Sementara untuk makan siang kami harus bisa cari makan sendiri, katanya.

Ini nih pintu custom ke Norwegia di pelabuhan Kiel. 

Masuk ke kapal pesiar seperti masuk ke pesawat terbang saja layaknya. Baik pemeriksaan, lorong dan beberapa pegawai yang tersenyum manis. Tak ada pemeriksaan visa maupun ID card lain karena Norwegia juga masuk dalam Grup EU meskipun belakangan kami tau mereka tidak menggunakan Euro melainkan Krone.

Sampai didalam kapal kami semua pada tolah-toleh-senang mendapati suasana promenade yang terlihat luxus dengan permainan sinar laser warna-warni. Terus pada kebingungan mau jalan ke kanan atau kiri.
Hal pertama yang ditemui di kapal.

Oh iya tadi chef menjelaskan bahwa digit pertama nomor kabin kami adalah nomor dek (lantai). Jadi, nomor kabinku adalah 8323 lift nomer 7. Artinya aku harus naik ke dek tingkat 8 menggunakan lift 7 untuk bisa mencapai kabin nomer 323.
Belakangan aku tahu bahwa untuk mencapai kabinku aku bisa pakai lift mana saja asal tekan tombol nomer 8 tapi oleh karena kapal ini sangat amat luas dengan lorong panjang berliku-liku dan hampir sama semua, maka jalan terdekat adalah dengan naik lift 7. Aku pernah pakai lift 1 tapi akhirnya turun ke promenade kembali karena tidak berhasil menemukan kabinku dari lift 1 meskipun aku sudah berada di dek tingkat 8. Nyasar kemana-mana bok...

Jadi, inilah fakta cruising ship Colorline - Color Fantasy:

Rute Kiel - Solo Oslo: Berlayar jam 13.30, bersandar jam 10.00
Rute Oslo - Kiel: Jadwalnya sama, cuma start-nya lain (grins).
Ukuran kapal: Panjang 224 meter, lebar 35 meter.
Dek: 15 tingkat.
Ukuran Promenade: 163x9 meter, menembus 3 dek (tempat 'cruising' yang cukup lebar, bukan?).
Jumlah kabin: 927.
Jumlah penumpang: 2667 (Tuh kan... bisa dengan bebas mencari dan dicari - Doh, otakku kok selalu jalan kesitu siy...)
Kecepatan kapal: 22,1 knot (Lah ini berapa kilometer per jam yah? Okay, 'aku adalah anak pelaut' tapi tidak bisa tahu bagaimana cepat ukuran knot).
Parkir mobil: 750.
Lanemeter: 3320 meter.
Dan, tak perlu kuatir. Pada musim dingin dimana air laut penuh dengan lembar -lembar es seperti ini suhu udara didalam kapal cukup hangat, berkisar 20 atau 25°C. Mengenakan sweater sudah cukup, kayak dirumah saja.
Kinclong, bukan?



Di Promenade inilah kita bisa cruising dengan bebas ;))



Tuh kan banyak cafe shop...

Aku dapat dek bersama Markus, seorang brondong kurus berumur 20 tahun, Azubi (Sekolah kerja) di perusahaan selama 2 tahun yang bibirnya selalu monyong setelah membaca guide kapal yang mencantumkan bahwa untuk masuk ke area tertentu didalam kapal harus berumur minimal 21 tahun. Padahal didalam 'area tertentu' itulah hal yang asik asik bisa didapat.

Ini sepertinya pakai aturan Norwegia dimana orang boleh melakukan perbuatan maksiat (Hadoh... bahasanya!) seperti minum alkohol, sex dan judi minimal 21 tahun, sementara di Jerman mereka sudah boleh mulai pada umur 19 tahun.

Terus, seperti yang dikatakan chef bahwa kami semua harus pergi Schulung (rapat) jam 14.00. Jadi Markus dan aku keluar dek 5 menit sebelum acara. Mencari-cari tempatnya dan kami mendapatkan baquette berupa roti panjang yang dibelah tengahnya dan diisi dengan mentega, keju, telur rebus dan salat kemudian disiram dengan saus mayonaisse dan juga jus jeruk, kopi, air mineral dan buah-buahan untuk makan siang - dimakan sambil berdiri, tentu saja, namanya juga Baquette - sebelum acara dimulai.

Rapatnya sendiri sangat menyenangkan, perusahaan menyewa seorang motivator dan dia, seorang wanita muda, berbicara tentang 'menggunakan kata-kata positif sebagai pengganti kalimat bernada negatif untuk meningkatkan motivasi kerja antar sesama rekan kerja dan untuk menarik hati klien agar kita lebih produktif'.
Sebuah metode pengembangan kepribadian yang akan aku terapkan dalam hidupku selanjutnya tidak cuma dalam lingkungan kerja.

Sepertinya ini postingan sudah terlalu panjang dan aku juga harus melanjutkan kerja. Okay, disambung saja ya? Soalnya aku punya cerita makan malam yang menggelikan dan dilirik sinis oleh seorang lady (baca: nenek sirik) disebelah meja makan kami. Juga ada acara gila di diskotik dan di Conservation Longue. Dan tentu saja beberapa foto suasana didalam kapal pesiar.

6 comments:

  1. Duh, gue ngiri. Kapan ya bisa ke luar negeri kayak kamu! Congrats bro.

    ReplyDelete
  2. wueeeee keren cak kapal pesiar e.... 15 tingkat wes meh kyk kantor-kantor ndek jkt ae cak
    tapi rutene kurang adoh cak, masa cuma Kiel - Oslo hehe...
    ke karibia cak biar bisa ketemu Captain Jack Sparrow? hehehe
    kapan ya bisa naik kapal pesiar gini hihihi trrus ambek bojo merentangkan tangan di pinggir kapal, trus bojoku meluk dari belakan, trus aku muni "I'm flying" wkwkwkw serasa Titanic! tapi terus kelelep? wkwkwkwkw...

    ReplyDelete
  3. Weeehh. kueren tenan kii...
    Daftar harga dong xixixixi.. sapa tau kalo lagi promosi bisa main2x ke sono :p

    ReplyDelete
  4. @Cak Arik: Ya banyak menabung dan rajin beribadah dulu to cak *Apa cobak..* atau koyok aku wae, kerjo di perusahaan mapan yang kasih bonus travelling sekali dalam 2 taun, gitu cak...

    @Bakso Arema: Beh! Iyo cak kapale megah sekale!
    Lah... klo ke karibia bosku lek bangkrut nanti cak.
    Btw rencana kita kok bisa sama ya? lihat postingku sebelumnya, disitu aku rencana mau lari ke dek ujung depan kapal, merentangkan tangan dan berharap seseorang memeluk dari blakang. Tapi sayang udara duingin banget, bisa2 mati membeku nanti...

    @Jeng Anonim: Daftar harga menyusul jeng, ini kan postingan bersambung. Ditunggu yah...

    ReplyDelete
  5. Cita2 gw naik kapal pesiar nih. Belum ada kesempatan. Semoga taun depan. amin. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haris - ketimpringan.comJuly 22, 2015 at 8:03 AM

      Ini sih kapal pesiar kecil, cobalah googling yang keliling Baltik Sea dari Hamburg ke St. Petersburg, itu cita2 ku.

      Delete

Jangan mengambil apapun kecuali manfaat - Jangan meninggalkan apapun kecuali KOMENTAR... Okay deh, terimakasih atas komentarnya, sangat dihargai :)