Ketimpringan ke Denmark

Saat ini kami yang di Jerman dan sekitarnya sedang mendapatkan Goldener Oktober.

Apakah Goldener Oktober?

Goldener Oktober (Oktober emas) adalah panorama alam yang indah yang terjadi pada setengah bulan pertama pada bulan oktober.

Suhu udara akan berkisar pada 20°C, matahari bersinar cerah dengan warna keemasan dan tidak lagi panas menyengat. Pohon dan dedaunan sudah mulai berwarna coklat atau merah keemasan tertimpa sinar matahari yang lembut.

Pada malam hari suhu udara menjadi dingin, bahkan akan membeku.

Pada pagi hari permukaan tanah akan tertutup oleh embun setinggi sekitar dua atau tiga meter dan lambat laun akan menguap besama datangnya sinar matahari.

Istilah Goldener oktober sudah menjadi tradisi sejak ratusan tahun yang lalu yang diperbincangkan oleh para petani. Ini adalah mulai berubahnya warna pohon ketika memasuki bulan oktober, matahari bersinar cerah menimpa daun-daun yang berubah warna menjadi kuning kemerahan, dan diatas sana langit berwarna biru cerah.

Tentu saja kami tidak mau melewatkan suasana alam yang memukau ini dong, ada rasa bersalah jika alam sedang indah-indahnya seperti ini dan aku cuma bengong saja dirumah. Untuk itu Thomas dan aku sering jalan-jalan kesana kemari di akhir pekan.

Seperti akhir pekan yang lalu pada saat kami mendapatkan weekend panjang karena hari senin adalah hari libur nasional Tag der Deutschen Einheit yang dirayakan setiap tanggal 3 Oktober sejak tahun 1990 (Hari persatuan Jerman barat dan timur).

Kami pergi ke Sønderborg, Denmark. Piknik seharian! ke pantai dan ke kota.

Pokoknya asik ketimpringan sepanjang hari. Tapi waktu ke pantai air lautnya sudah dingin, meskipun ada beberapa orang yang asik mandi tapi itu sudah terlalu dingin buatku, jadi kami cuma jalan-jalan saja menikmati suasana.


Pada sebuah taman rumput yang luas dipinggir pantai kami menyempatkan diri sejenak berlatih qi-gong, gerak badan model Cina, untuk membantu jantungnya Thomas agar supaya segera kuat kembali.

Terus beli es krim...

Terus ke pusat kota Sønderborg yang anggun dengan passage yang ramah dan cantik. Eh, ada toko murah meriah H&M!

Padahal Thomas sudah mengajakku mlipir-mlipir ke ujung lain, tapi aku keburu lihat tokonya! Dan akhirnya pada saat kami keluar toko, aku membawa sebuah bungkusan. Dapat topi musim dingin yang lucu!

Itu adalah hari yang indah di awal musim gugur...

Oh iya, mata uang Denmark adalah Kroner, 1€ bernilai sekitar 6 atau 7Kr, dan orang Denmark berbicara Danisch, saking mbuletnya bahasa ini aku sampai sangsi apakah mereka paham dengan apa yang mereka ucapkan. 
"Pokoknya kalau kamu dengar orang berbicara sambil makan kentang panas, seperti itulah mereka terdengar," Kata Thomas. Padahal bahasa Denmark ini juga diajarkan di sekolah dasar sini, mengingat ini adalah propinsi perbatasan.





6 comments:

  1. Asiknya yang lagi ketimpringan... Djoo.. nengokin aku ke Norwich dong :(

    ReplyDelete
  2. Jiah, Norwich jauh... kudu nginep kalo kesono, emangnya aku boleh nginep di kosanmu? hihi.. kos-kosan gitu loh bahasanyaaaa...
    Btw, kalo aku ke England perlu visa ndak ya? England kan bukan EU?
    Btw, again, kamu dah makan roti croissant kah? Itu roti paling enak sedunia deh kayaknya...

    ReplyDelete
  3. Huhuhu... Aku di akomodasi kampus sih, Djo. Nggak yakin bisa nginep2an atau nggak :p Maap yak... Eh ndak tau yah, mungkin perlu... Aku juga nggak tau gimana caranya mau bikin visa biar bisa keliling EU nanti. Sapa tau aku bisa nengokin km dan Thomas :D
    Belooom!! Hiks... aku dah hampir sebulan di sini tapi belom nyobain apa-apa >_<.

    ReplyDelete
  4. Ya wes - ya wes... kamu aja ya yang tanya ke konsulat tentang visa, kalo dah tau kasih tau aku ya... *enakan gini nyuruh nyuruh temen*

    Ya wes kamu kalo keliling EU mampir ke aku ya, tapi nginepnya di Thomas soale aku juga ndak punya kamar tidur tamu, apartemenku cuman sak iprit.....

    ReplyDelete
  5. Djo mau liat photo orang pacaran disana dong

    ReplyDelete
  6. Lah, JC permintaannya kok aneh-aneh saja ya? Ya wes nanti kalo ketimpringan lagi aku potokan orang pacaran ya.... Lucu deh!

    ReplyDelete

Jangan mengambil apapun kecuali manfaat - Jangan meninggalkan apapun kecuali KOMENTAR... Okay deh, terimakasih atas komentarnya, sangat dihargai :)