Pasar Natal Hamburg


Ini lho postingan yang aku gembar-gemborkan itu, tentang foto-foto acara ketimpringan kami pergi ke pasar natal di Hamburg.

Di Hamburg setiap tahun ada banyak pasar natal diselenggarakan sebagai acara untuk menarik turis dan yang lebih penting dari itu, juga sebagai ajang untuk menghidupkan kembali acara tradisional mereka.


Tahun ini ada 17 buah pasar natal di Hamburg, Dan kami telah mengunjunginya yang terbesar dan terheboh yang terletak didepan Rathaus (Balai kota) yang gedong, luxus, antik dan anggun itu. Juga pergi ke Winterpride, dimana itu adalah pasar natal mungil yang diselenggarakan oleh para Hamburger gays...

Kenapa terheboh? Karena disini ada Santa yang bisa terbang betulan, naik kereta kencana ditarik kijang kencana, dia beterbangan kesana-kemari diatas pasar bersama seorang malaikat yang cantik sambil bilang, "ho-ho-ho.... " Sayang sekali fotoku tidak bisa menangkapnya karena aku tidak membawa tripod.

Terus sambil terbang dia juga akan bercerita, semua orang bisa menikmati ceritanya didalam pasar dari corong-corong kecil yang ada disemua sudut.

Aku selalu terkesan dengan suasana pasar natal; hangat dan nyaman. Orang seperti dibawa kembali kemasa lalu dimana ada warung-warung dagangan kecil penjual kerajinan, ada juga bar dadakan yang menjual glühwein dan lain-lain minuman hangat. Juga ada yang jual makanan tradisional natal.

Anak-anak dimanja dengan berbagai permainan mulai melempar kaleng berhadiah boneka sampai komedi putar...

Bagi yang tertarik untuk membaca tentang pasar natal, ini aku kasih link, tapi berbahasa Jerman: http://www.hamburg-tourism.de/veranstaltungen/advent-weihnachten/weihnachtsmaerkte/




Dan foto dibawah ini adalah reporter wannabe kalian bersama co-reporter-nya ;)

4 comments:

  1. Harganya gimana di pasar itu? murah/mahal?

    Itu foto yg kedua dari bawah, foto mas bedjo kah???

    ReplyDelete
  2. visited Cologne and Frankfurt christmas markets last November, wonderful ya. :)
    pas di sana jadi agak kepikiran, ini ya pasar malamnya orang Eropa, klo di Jogja ada Sekaten atau di Jakarta ada pasar-pasar malam kecil di pinggiran rel kereta atau lapangan kosongnya. :'D

    ReplyDelete
  3. Iya Roy, di Jerman ada standar kebersihan dan kerapian, jadi kalo tidak memenuhi standar bakalan digusur. hasilnya? cantik ya...

    Ngomong-ngomong kamu beruntung lho bisa mengunjungi Jerman menjelang natal, ini adalah waktu yang paling menyenangkan sepanjang tahun meskipun dingin. Ketemu saju?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya enggak ketemu salju. :(
      cuma dapet kesempatan dari kerjaan untuk ke sana pas tengah-akhir November kemarin, baru kerasa dingin sampe tulang aja. itupun pas di Jerman masih kehitung lebih hangat drpd di Belanda n Belgianya.
      belum baca blog mas sampai keseluruhan sih, tapi jadi pengen tau, begitu mulai tinggal di sana, pengalaman ngatasin rasa dingin pas winternya gimana tuh mas? :D

      Delete

Jangan mengambil apapun kecuali manfaat - Jangan meninggalkan apapun kecuali KOMENTAR... Okay deh, terimakasih atas komentarnya, sangat dihargai :)