Adventure ke Jawa (Pertanyaan)

Tahun depan kami punya jadwal untuk liburan ke Jawa. Dan kami baru saja bikin rencana heboh: Kami akan menyewa mobil di Jakarta, berkendara selama dua minggu melintasi pulau Jawa dari ujung barat ke ujung timur, artinya start dari Jakarta dan garis finish-nya di kota paling timur (Banyuwangi) dengan berhenti disana-sini.

Rencana yang heboh bukan? Tapi sayangnya kami, terutama aku sebagai orang yang paling paham pulau jawa diantara kami berdua, tidak tahu sama sekali bagaimana cara untuk melakukannya secara detail.

Jika rencana itu terlaksana, tentulah semakin seru saja isi blog ketimpringan.com ini dengan laporan perjalanan kami nantinya.
Untuk itu saat ini kami sedang mengumpulkan informasi sebanyak mungkin, dan aku punya beberapa pertanyaan buat teman-teman, kami akan sangat amat menghargai informasi yang kalian berikan, apapun itu, agar rencana kami bisa terlaksana dengan mulus.


1. Tentang sewa mobil. Ada yang punya referensi perusahaan mana yang bagus? Bisakah misalnya kami menyewa mobil di Jakarta kemudian meninggalkan mobil itu di kantor cabang mereka di Banyuwangi, atau Denpasar?

2. Dengar-dengar, semua orang asing yang berkendara di Indonesia harus bikin SIM meskipun punya SIM internasional. Benarkah?

3. Peta jalan pulau Jawa yang detail, seperti punya ADAC Europe. Apakah ada?

4. Bagaimana jika menggunakan GPS sebagai guide? Koneksi lancar jaya?

Itu saja pertanyaan kali ini, atas bantuannya kami mengucapkan terimakasih. Dan oh iya, bisa jadi kalau kami melintasi kota kalian, kami akan mampir jika boleh, dan kami akan bawa coklat banyak. Jadi jawab pertanyaan kami ya... Hadiahnya coklat!

Dan karena kami sedang mencari info sebanyak-banyaknya, maka setiap tips sangat amat dihargai. Tolong info-nya ditulis sebagai komentar ya... Mudah kok, komen blog ini tidak dilindungi oleh kode yang hampir tidak terbaca itu.

Terimakasih sebelumnya.


8 comments:

  1. waktu itu sih sekeluargaku naik mobil dari Solo ke Bali, dengan bermodalkan GPS, tapi waktu itu sopirnya udah agak berpengalaman jadi udah tau jalan-jalannya. Yang aku tau pasti sih kalo dari Jakarta ke Solo bisa pake jalur pantura, dan itu cuma lurus lurus terus, bisa di intip di google map (waktu itu aku dan adik2ku bermobil pulkam). Soal koneksi... nggak terlalu tau. kalo dulu pake google map di hp sih suka putus tengah jalan... ga tau deh kalo pake GPS yang beneran >_< sorry ga terlalu membantu

    Soal SIM... Djo, kamu kan tau kalo di Indonesia, SIM nya SIMSALABIM! Aku nyetir ga pake SIM (karena SIM ku hilang) selama bertaon-taon asal nggak ketangkep ga papa. Tapi mungkin karena udah terbiasa taan hukum jadi grogi kalo harus nyetir ilegal ya? Hm... aku ga tau soal SIM internasional di Indonesia :( Sorry

    Soal sewa mobil, km mungkin mau coba Indorent. Soalnya dia ada cabang jakarta dan Surabaya. Dan setauku itu salah satu perusahaan car rent yang cukup bonafid.

    Infoku nggak penting yah? Hahaha... anyway, have fun ya jalan2 nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas tips-tips-nya yang berguna ya Byq... Ini rencananya kami tidak akan menempuh jalan yang lurus, tapi belak-belok dan nginep-nginep kesana-kemari, jadi setidak-tidaknya kami perlu map yang detail.

      Soal SIM, kami harus punya, and you're right, kita dah terbiasa taat hukum jadi kalau nyupir biar tenang, santai, tidak was-was... biar selamat sampai tujuan.

      Dan... Indorent maksudmu yang ini ya: http://www.indorent.co.id/ Kenapa menyarankan jasa itu? curiga deh, jangan-jangan itu punya bapakmu ya? hehe... anyway mereka terdengar bagus, sepertinya punya hubungan dengan Europcar dari sini. Nantilah aku mau nelpon langsung.

      BTW, kamu pernah dengar ADAC ada di Indo kah?

      Eh, infonya penting lho, makasih ya....

      Delete
  2. Mau ikutan jawab aah... siapa tahu dapet hadiah coklat satu karung... hihihi...

    1. Soal Sewa Mobil, Aku udah beberapa kali sewa mobil di jakarta dan bali buat nemenin daddy dari luar buat traveling di Indo, setahuku sih lebih gampang dan mudah kalo pake supir dari rental tsb. Kalau mau sewa mobil aja tanpa supir sih bisa bisa aja cuman agak ribet kali ya djo... secara kan mesti ada pihak yg menjamin mobil sewaan bakal aman tanpa supir pendamping, sedang dikau berdua kan berstatus KTP "warga negara asing", apalagi niatnya mau sewa di jakarta tapi balikinnya di banyuwangi atau denpasar...

    2. SIM International oke oke aja kok buat driving licence di Indo.

    3. Banyak kok aplikasi maps di android. Coba aja download aplikasi lewatmana di play store android. atau navigator di samsung ace juga udah lumayan ok sebagai guide di pulau jawa.

    4. Pake GPS , koneksinya ya lumayan sih djo...

    5. Jangan lupa mampir yaaa kalau udah deket tempat aku, and coklatnya jangan lupa..... hehehe....

    6. Enjoy your upcoming holiday ....



    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih ya Feb, coklat sekarungnya akan diberikan secara langsung kalau kita ketemu, hihi...

      1. Nepuk jidat! Benar juga, sewa mobil harus ada jaminannya. Ribet dong ya soalnya kami tidak ingin sopir, maunya berdua saja biar privasi tidak terusik. Eh kamu tahu ndak Feb, bisa gak ya jaminannya pakai kartu kredit seperti disini? Atau... biar ndak terlalu ribet... kamu bikin car-rental saja Feb, pasti deh aku akan jadi pelanggan setia, setuju?

      2. Cool...!

      3. Contohnya apa? Sebagai pakar android, kasih tips lebih lanjut dong.... Eh itu lho Feb, apps yang dipakai sebagai guide tour itu namanya apa ya? Aku pernah dengar ada yang kayak gitu.... Dan iya setuju, navigator samsung ace punyaku juga canggih dipakai disini, detail, dan bisa ngomong seperti navigator TomTom, sampai jalan-jalan tikuspun tercantum. Aku terkesan banget: Ada perkiraan waktu tempuh, jarak tempuh, jarak sampai belokan depan, nama-nama jalan... Aku penasaran, kalau dibawa ke Indo apakah dia tetap ngomong pakai bahasa Jerman atau langsung ganti bahasa. Love this!

      4. Sip lah, perlu 'test drive' disitu...

      5. Kita atur-atur aja yuk... hihi....

      6. I wish....

      7. Thank you so much, really help.

      Delete
  3. jangan nyetir lah kalau gak ada SIM di indo hampir tiap kali keluar jalan2 kena razia lalu lintas melulu
    dan mengada2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih, tapi kalo nyetir sendiri kan kesannya jadi ada unsur-unsur adventure gitu ya.... Still, i want it, but thanks for suggestion :)

      Delete
  4. kayak nya.. . masalah terberat mu bakalan sewa mobil, secara international SIM sudah pasti punya, kan.

    sewa mobil yg pake lamaaaa dan ngga ngembaliin di posisi semula..... kayaknya sulit deh. Ntr kalo ada waktu, saya coba cari2 in info deh. Bulan apa mo ke indo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya Soe, gimana cara kasih jaminan ya?

      Kita rencana bulan april tahun depan, kasih info dong ya....

      Delete

Jangan mengambil apapun kecuali manfaat - Jangan meninggalkan apapun kecuali KOMENTAR... Okay deh, terimakasih atas komentarnya, sangat dihargai :)