Southern Comfort: Berkendara ke Bavaria

Kami baru melakukan perjalanan ke Jerman selatan dan Prague selama seminggu untuk mengunjungi teman-teman dan mengenal kota tempat tinggal mereka lebih detail. Kota-kota yang kami kunjungi adalah kota tua di dalam benteng Nürnberg, Metropolis Frankfurt, sebuah kota kecil yang cantik dan idealis diatas pegunungan Bavaria Bodenmais, Kota tua yang sunyi Allenburg di Bavaria dan Prague di Checz Republik.

Itu adalah perjalanan bermobil yang nyaman dan menyenangkan melintasi Autobahn (Highway) A7 atau dalam peta perjalanan internasional dikenal dengan highway E25 sepanjang negara Jerman dari ujung ke ujung. A7 adalah jalur internasional yang sibuk tetapi karena lebar dan kesederhanaan tikungan maupun ketertiban pengguna jalan, jalur ini adalah jalur yang nyaman dan aman dipakai buat kebut-kebutan secara bertanggung jawab tanpa batas kecepatan maksimum.

Hari senin pagi ketika kami berangkat (dari ujung utara Jerman) suhu udara berkisar pada 2°C dan berkabut dan semakin ke selatan udara semakin hangat, kabut perlahan menipis dan setelah melintasi Nord-Ostsee Kanal cuaca berubah total.
Dan setelah melewati Hamburg, aku malah mendapat kesan bahwa ini adalah suasana alam musim gugur, bukan musim dingin karena pepohonan masih berdaun warna-warni dan suhu udara menghangat sampai 15°.

Rupanya ada perbedaan yang mencolok antara Jerman bagian utara dan selatan dalam pergantian musim karena semakin ke selatan udara semakin hangat dan pepohonan semakin berdaun. Berbeda dengan daerah utara yang sudah meranggas dan membeku.

Aku suka berkendara di Autobahn dengan panorama alam yang berganti-ganti. Setelah melewati negara bagian Nordrhein-Westfallen panorama benar-benar lain. Ketika sebelumnya orang melewati dataran luas membentang sampai batas pandangan, sekarang alam terlihat berbukit-bukit bahkan sampai menjulang. Lereng-lereng pegunungan berhutan dengan warna daun musim gugur terlihat sangat memukau, diselingi dengan padang penggembalaan yang luas, kebun anggur dan kota-kota kecil dengan menara gereja menjulang ditengah-tengahnya.
Itulah Jerman dengan panoramanya yang sebenarnya.

Tujuan pertama adalah Nürnberg untuk mengunjungi pasangan Tipi dan Mark. Setelah 8 jam berkendara akhirnya kami sampai. Ketika kami tiba mereka sudah ada di rumah setelah bekerja.
Lebih dari setahun kami tidak bertemu dan Tipi tetap langsing dan ketimpringan, suaranya tetap cempreng dan jelek. Mark juga tidak banyak berubah, cuma perutnya saja yang terlihat sedikit ada kemajuan.

Kami tentu saja membawa beberapa oleh-oleh buat mereka, sebotol shorts dari utara 'De Geele köm' dan beberapa cakes Denmark dan selanjutnya kami menghabiskan petang yang menyenangkan di sebuah resoran Mexicana sambil ngobrol ramah.

Hari pertama: Bodenmais.
Pada awal tahun ini kami sudah pergi ke Bodenmais, sebuah kota kecil persinggahan liburan musim dingin (ski salju) yang cantik di pegunungan Bavaria dan dipimpin oleh walikota gay. Postingan tentang Bodenmais dan foto-fotonya bisa dilihat disini.
Dan sekarang kami perlu untuk pergi ke Bodenmais lagi untuk membeli beberapa suvenir yang terbuat dari gelas untuk hadiah natal buat kerabatnya Tommy.
Bodenmais tetap indah dan cantik, kami bernostalgia selama beberapa saat dengan mengunjungi tempat-tempat yang pernah kami datangi.

Belanja sudah selesai, hadiah-hadiah natal buat kerabat sudah kami dapat dan selanjutnya kami pergi makan siang ke sebuah restoran tradisional ala Bavaria.

Kami memutuskan untuk masuk ke restoran dorf-Stadl. Restoran yang nyaman layaknya sebuah restoran di pegunungan yang di atur dengan suasana hangat untuk liburan musim dingin, di dominasi oleh kayu-kayu besar dan mempunyai perapian yang besar juga.

Dan kami, tiga-tiganya memesan menu Haxe, dimana ini adalah bagian paha dari pork yang di rebus empuk dengan rempah-rempah, kemudian di goreng atau panggang, dan disiram dengan kuah berbumbu. Dan ini adalah porsi yang sangat besar dengan harga yang sangat kecil, cuma 7 € per porsi. Haxe is a 'must try' food if you visit Bavaria.

Porsi raksasa kan? Tak seorangpun dari kami bertiga
yang mampu menghabiskannya.

Dan tentu saja laporan perjalanan ini harus bersambung dong.... Nantikan cerita seru kami di Prague atau ada yang menyebutnya kota Praha atau Prag dalam postingan selanjutnya.....

1 comment:

1. Perjalanan yang menyenangkan,,
    saya berharap bisa seperti anda nanti kelak

ReplyDelete

Jangan mengambil apapun kecuali manfaat - Jangan meninggalkan apapun kecuali KOMENTAR... Okay deh, terimakasih atas komentarnya, sangat dihargai :)