Tips Traveling Musim Dingin



Biar bagaimanapun juga musim dingin tidaklah terlalu nyaman buat dipakai jalan-jalan. Tetapi pada kenyataannya musim dingin itu indah dan pemandangan alam yang tertutup salju itu benar-benar memukau.

Dan lagi, inilah saat yang tepat untuk mengunjungi Jerman karena pada musim dingin akan banyak salju dimana-mana...

Ngaco..!
Maksudnya adalah jika diantara kalian ada yang berencana buat melakukan traveling to Germany, do it in winter. Especially if you would like to make a culture holiday.

Why?

Jerman kaya tradisi dan tradisi ini akan muncul kebanyakan pada musim dingin. Sebut saja Weihnachtsmarkt dimana itu adalah pasar natal yang khas dan indah. Orang akan merasakan atmosfir yang hangat, ramah, tradisional dan intim setiap kali mengunjungi pasar natal.



Dan pasar natal ini ada ribuan! Bahkan di metropolis seperti Berlin dan Hamburg setiap suburb akan mempunyai pasar natal sendiri.

Ada juga tradisi Silvester yang heboh dengan kembang api dimana-mana.

Okay ada juga tidak enaknya melakukan traveling to Germany in winter karena orang tidak bisa melakukan uji nyali berkendara di Autobahn tanpa batas kecepatan karena jalanan membeku dan licin tetapi, biar bagaimanapun juga aku tetap menyarankan buat traveling ke Jerman pada musim dingin. Apalagi bagi yang belum pernah jilat-jilat salju, kalau tetap ingin melakukan uji nyali ya pergi saja ke selatan Jerman, disana orang bisa main ski salju.

Berdasarkan prakiraan cuaca, sekali lagi Jerman akan dilanda musim dingin yang maha dingin, artinya orang harus melakukan persiapan ekstra untuk menghadapinya.


Jadi apa saja yang harus disiapkan agar traveling tetap terasa nyaman dalam suhu udara yang membeku? Inilah rahasianya:




1. Berdasarkan penelitian, bagian tubuh yang paling banyak mengeluarkan suhu hangat tubuh adalah kepala. Jadi pastikan untuk menutup kepala dengan baik dan proporsional. Topi tidak cukup tebal untuk menutupi kepala pada musim dingin. Kenakan Mรผtze yang terbuat dari wol.

2. Tubuh. Agar benar- benar tetap hangat dan nyaman berada di alam bebas pada musim dingin maka aku mengenakan setidaknya tiga lapis pakaian: T-shirt, Pullover dan Daunen Jacke (jaket tebal menggelembung berisi bulu unggas yang lembut).

3. Tangan harus mengenakan sarung yang mempunyai fungsi thermo, saranku belilah yang ada tulisan THINSULATE. Ini kedap air dan udara tapi tidak membuat tangan berkeringat. Belinya harus di Eropa, di Indonesia setahuku tidak ada.



4. Celana jeans sangat tepat dipakai karena ketebalan dan kepadatan bahannya, namun didalamnya harus dilapisi dengan Lange Unterhose (celana dalam panjang) dan ini juga harus yang mempunyai funsi thermo sehingga hangatnya tidak cepat keluar dan udara dingin dari luar tidak bisa masuk kedalam betis dan paha.

5. Sepatu harus pakai boot musim dingin, karena sepatu ini juga spesial, lagi-lagi berlapis bahan thermo dan mempunyai sol yang lebih tebal sehingga permukaan tanah atau lantai dan aspal yang membeku tidak bisa membekukan telapak kaki. Dan... ternyata itu tidak cukup. Telapak kaki yang kedinginan sangat amat tidak nyaman dan pada saat-saat tertentu jika udara sangat ekstrem dingin maka telapak kaki akan mulai terasa nyeri karena membeku. Untuk itu dasar sepatu harus dilapisi bahan khusus, lagi-lagi dasar sepatu ini mempunyai fungsi thermo, dan bahannya unik, lembaran alumunium yang sangat tipis dan elastis, bisa dibeli di supermarket.


6. Tidak itu saja, kaus kakinya juga harus pakai yang panjang sampai ke lutut (knie socken).

7. Jaket bukan sembarang jaket tetapi jaket Daunenjacke (down jacket) dimana jaket tebal-menggelembung-tak-berbentuk ini berisi bulu unggas yang paling lembut.

8. Syal juga penting. Untuk menutupi rona-rona merah di leher hasil dari kecup-kecup genit semalam... Eh salah! Tapi percayalah, apapun itu, syal sangat amat penting di musim dingin.

Nah, itulah peralatan dan perlengkapan yang harus dipersiapkan agar travel musim dingin terasa nyaman. Yang lebih penting lagi, jika tujuannya adalah city holiday, maka sebaiknya setiap dua jam sekali pergi nganget ke dalam gedung, bisa pergi ke museum, kafe, restoran atau masuk kedalam mall. Dan minumlah minuman hangat setiap dua jam sekali seperti coklat panas, teh atau kopi agar kehangatan tubuh terjaga. Tidak disarankan untuk terlalu minum banyak alkohol. Memang hangat ya, tetapi demi keamanan sebaiknya dibatasi karena udara dingin bisa bikin selera minum alkohol meningkat, tanpa disadari teler sebelum tujuan, kamera hilang, dompetpun bisa melayang.... Okay, segelas bir tidak akan bikin mabuk kan? Kalau ke Jerman harus coba minum bir, Heineken, Radeberger..... Terus makan bratwurst, wajib hukumnya! Bratwurst unggas ada kok jika ada yang alergi daging babi.

Terus lagi. Minum hangat tidak harus beli. Jangan malu-malu untuk berbekal termos mini dan pesan kopi atau teh panas ke dalam termos di hotel sebelum berangkat berpetualang. Disini wajar melihat tiba-tiba seorang yang cuakep atau cuantik banget dengan pakaian wow dan penampilan wah, tiba-tiba membuka tas, mengeluarkan bekal minuman dalam termos atau bekal makanan yang dibawa dan menikmatinya dimanapun mereka berada; di emperan toko, di bangku taman, di stasiun sambil nunggu jadwal kereta.....

Apalagi jika akan melakukan nature holiday ke hutan dan gunung; Jangan sampai lupa termos berisi minuman hangat (dan sedikit alkohol - if you like it).


Dan tentang belanja pakaian musim dingin dan aksesorisnya sebaiknya di negara tujuan, karena pakaian itu sudah terbukti bagus buat musim dingin. Jika belinya di Jakarta atau Surabaya, dulu aku pernah melakukannya tetapi ternyata tidak cukup berguna setelah sampai disini.
Mereka tidak mahal kok. Toko pakaian yang terkenal murah di Jerman adalah 'H&M', 'C&A' dan 'kik'. Yang terakhir itu saking murahnya aku sampai tidak tega untuk membelinya. Ketika aku memasuki toko dan melihat label harga-harga, aku cuma berpikir berapa upah yang mereka berikan kepada buruh-buruh pabrik mereka di Asia? Jadi aku tidak membeli apapun dari toko pakaian 'kik'.
Dan jika kalian lebih suka pakaian outdoor berkualitas dan tidak bisa rusak sampai bosan memakainya dengan harga yang aduhai, pergilah ke toko outlet Elkin atau Jack Wolfskin, sama seperti ketiga toko pakaian murah diatas, mereka ada di setiap sudut.

Nah, seharian telah berpetualang menikmati keindahan, malam hari kembali ke hotel/hostel tempat menginap. Saranku segeralah mandi dengan air hangat, jika perlu berendamlah dalam air hangat jika hotel/hostelnya dilengkapi dengan bathub, untuk memulihkan suhu tubuh. Jika tidak tersedia bathub, pergilah ke sauna sebelum pulang ke hotel tetapi aku perlu kasih peringatan dulu bagi yang akan nganget ke sauna agar tidak kaget. Sauna disini tidak dipisahkan antara pria dan wanita dan telanjang tidak dilarang, maksudnya telanjang bulat adalah hal yang wajar di sauna dan (sebagian) kolam renang. Jadi bagi yang risih dengan hal yang bulat-bulat seperti itu, pikirkan dulu sebelum memasuki sauna. Oh iya telanjang bukan pornografi tetapi melakukan sex-intercourse di tempat umum adalah pelanggaran, dendanya mahal. Dan sauna adalah tempat umum, kecuali sauna bertanda khusus yang menyediakan bilik remang-remang.

Jadi selamat menikmati indahnya musim dingin dalam kehangatan....





4 comments:

  1. Oh ternyata nulis advicenya utk diri sendiri toh djo? Hehehe...
    It's ok mungkin yg pada mo liburan ke negara bersalju bagus banget nih tipsnya buat diikutin.




    ReplyDelete
  2. Kalo mau cari pakaian musim dingin di surabaya kunjungi toko natasha, pasar atum tahap V lantai 2 no 15 ( dekat 369, sebelah TXL ) atau di tahap V lantai 1 no 1063T ( daerah hartani , samping toko obat sinar bahagia, jiro). Kami menyediakan bermacam macam coat import hongkong dan korea, long john, long john full bulu, legging full bulu, sarung tangan, syal, topi, sweater dan jacket. Pokoknya lengkap, buat kebutuhan anda pergi ber liburan dimusim dingin. Pin bbm 550DAD5E atau www.thehouseofnatasha.blogspot.com whatsapp 083849527337

    ReplyDelete
  3. anggap saja di Indonesia ini sudah memasuki musim salju, lha pagi-pagi gini sudah hujan deres dan super dingin hehehehe

    ReplyDelete

Jangan mengambil apapun kecuali manfaat - Jangan meninggalkan apapun kecuali KOMENTAR... Okay deh, terimakasih atas komentarnya, sangat dihargai :)