The Wild of East Java

Sebagai mantan orang Jawa Timur tentu saja aku bangga dong ya dengan tanah kelahiranku. Dan bagi yang tidak berasal dari Jawa Timur jangan iri dong ya kalau aku memuji-muji keindahannya.
Memang kenyataannya begitu kok ya... Jawa Timur itu indah, kaya dengan keindahan alam yang masih terjaga rapi.

Tidak percaya? Bagaimana dengan Alas Purwo di Banyuwangi yang misterius itu? Aku saja belum pernah masuk ke dalamnya karena takut. Dulu waktu masih brondong kadang-kadang aku bersama teman-temanku blusukan keluar masuk hutan, naik turun gunung dan menyusuri pantai selatan. Dan setiap kali aku minta ijin pada almarhum bapakku bahwa kami akan pergi masuk ke Alas Purwo, tak pernah sekalipun aku mendapat ijin karena misteriusnya. Bahkan Alas purwo adalah hutan paling angker di Pulau Jawa.

Konon katanya Alas Purwo adalah tempat jin buang anak atau sesuatu seperti itu. Dan itu adalah alas gung liwang-liwung menurut istilah Jawa. Maksudnya hutan belantara yang angker dan misterius tempat orang bersemedi dan banyak hantunya, apa lagi alas Purwo itu berada di pantai selatan, daerah kekuasaannya Nyai Roro Kidul..... Ya wes percaya saja, memang pada kenyataannya dulu pada tanggal 1 Suro selalu ada orang yang terseret ombak kok.... Kabarnya dijadikan pasukan atau mempelai sang ratu.... Tapi sekarang sejak internet mulai ada maka korban tahunan pantai selatan sudah tidak ada lagi.

Kok bisa ya?

Realitasnya adalah Alas Purwo merupakan sebuah taman nasional.....




Atau kawah Ijen dimana itu adalah gunung favoritku pada saat masih SMA dulu... (Dulu namanya SMA, bukan SMU, dan SMA terdengar lebih cool daripada SMU, bukankah begitu? Waktu masih SD ada film bagus judulnya 'Gita Cinta dari SMA' yang main Rano Karno yang membuat aku ingin segera masuk sekolah SMA, ada juga film favorit serial 'Lupus', dia juga sekolah di SMA bukan SMU...)

Atau blusukan ke kebun-kebun kopi dan hutan di lereng kumitir dan nongol keluar di Kalibaru....

Atau keindahan kawasan gunung bromo yang tidak perlu dibahas lagi saking terkenalnya sampai ke seantero dunia.

Atau kawasan desa Kalibaru yang indah, adem dan Asri itu... Juga kota-kota kecil disekitarnya yang menarik.

Pernah pergi ke Teluk Ijo di laut selatan? Aku sudah lupa itu masuk ke Jember atau Banyuwangi.

Mungkin ya... Surga itu suasananya seperti itu..!

Atau Taman Nasional Meru Betiri... Tahukah kalian bahwa konon kabarnya disana masih ada Harimau Jawa...?

Eh ngomong-ngomong tentang kota-kota kecil dan pedesaan indah di Jawa, untuk bisa menikmatinya sepertinya kalian harus mengungsi dulu selama bertahun-tahun ke luar negri, nah pada saat pulkam barulah kalian bisa menikmati dan mengagumi keunikannya. Soalnya kalau tiap hari melihatnya ya tidak unik lagi dong ya...

Terus ada lagi... Kota Malang dan sekitarnya. Sepertinya aku sudah jatuh hati dengan Malang. Ada sesuatu yang tidak biasa di sana. Aku tidak tahu pasti apakah itu tetapi Malang adalah kota yang mempunyai 'jiwa' seperti Solo dan Jogjakarta.

Surabaya? Ehm... Well... Aku pernah tinggal beberapa lama di Surabaya tetapi sulit bagiku untuk menyukainya apalagi mencintainya. Surabaya hanyalah metropolis dengan banyak pabrik dan terkesan sebagai sebuah kota yang genit dan matre; Membangun apa saja yang bisa dibangun tanpa memperdulikan ekosistem.
Tetapi setidaknya Surabaya punya kebun binatang yang patut dikunjungi jika sedang transit. Dan Surabaya adalah kota pertama yang disinggahi jika ingin blusukan menikmati liarnya keindahan alam Jawa Timur.

Lha iya, dari tadi membicarakan kata blusukan. Blusukan itu bahasa Indonesianya apa ya...? Mungkin itu artinya adalah keluar-masuk tanpa menghiraukan keadaan sekelilingnya, atau anggap saja seperti itu, itu adalah bahasa Jawa.

Begitulah! Setelah rundingan dan menimbang-nimbang, akhirnya tema liburan kami tahun ini di Indonesia adalah 'The Wild of East Java', meskipun tidak sampai blusukan (lagi-lagi blusukan).

Jadi setelah mendarat di Jakarta kami akan tinggal semalam di Jakarta kemudian terbang ke Sumatra karena salah satu kakakku tinggal di sana dan Tommy ingin aku membawanya kesana sehingga dia kenal dengan semua keluargaku...

Aku sudah mengatakan bahwa mbakku yang satu ini tinggal jauh, dan Indonesia itu luas, lain kali saja jika liburan kita bertema "Trans-Sumatra" maka kita bisa mampir menemui mereka, biar tidak bolak-balik-bolak kesana-kemari menghabiskan waktu di jalan.

Kemudian dari Sumatra kembali lagi ke Jakarta, jika jadwalnya tepat maka kami akan naik kapal laut ke surabaya, dan petualangan kami dimulai dari sini....


4 comments:

  1. Desember kemarin aku memperoleh kesempatan ke Malang untuk pertama kalinya. Kami berkendara dari Jakarta menuju Malang. I must say, I was amazed by the beautiful of East Java. Meski tidak sempat jalan-jalan, tapi cukuplah menikmati keindahan dari dalam kendaraan.

    Sempat melewati Solo. Tidak pernah terbayangkan kalau Solo itu ternyata cukup ramai! Duh, ke mana aja ya aku ini? Meski saat itu malam hari, tapi aku yakin aku pasti ingin mengunjunginya lagi, dan harus jalan-jalan tentunya!

    I love Malang! Aku cinta baksonya! Haduh, pengin ke sana lagi. Next time aku kudu ke Batu! Lalu pulangnya sempat mampir dan menginap di Yogya. Fell in love with that city also.

    Benar-benar perjalanan dari Barat menuju Timur kepulauan Jawa deh. Definitely will go back there.

    Anyway, met pulang kampung, Mas. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju! Jatim memang heboh dan liar, seliar alamnya... Tapi sayangnya kami ndak sempat ke Malang, tapi pastinya pada kunjungan mendatang.... Kamu pernah ke Bromo kan? Amazing banget deh, Tommy saja sampe sulit diajak turun....

      Delete
  2. Aku jadi makin cinta sama kamu lho Djo... Habisnya Solo dibilang punya 'jiwa' gitu sih :p
    Bener juga ya katamu, yang namana kampung halaman, mau sekampung apapun tetep rasanya bangga kalo disebut-sebut. Hihihi... Gimana liburannya Djeuung? Udah sampe mana sekarang?

    Anyway, blusukan itu sama kayak explore gitu bukan sih? Aku ga kebayang padanan kata lain dalam bahasa indonesia selain 'menjelajah'.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ember... namanya juga kampung halaman, sampai kapanpun akan jadi kebanggaan....

      Liburannya asik banget Byq... Tapi sayangnya sudah hampir berakhir. sekarang kami sudah sampai Juanda Surabaya nunggu Lion ke Jakarta, ini lho di kafe keberangkatan domestik yang ada free wifi-nya...

      Anyway, masak sih 'blusukan' sama dengan menjelajah? lha kalau blusukan keluar masuk kamar itu gimana hayo...

      Delete

Jangan mengambil apapun kecuali manfaat - Jangan meninggalkan apapun kecuali KOMENTAR... Okay deh, terimakasih atas komentarnya, sangat dihargai :)