Di Puncak Gunung Batu Bastei

Liburan Jerman; Bastei Sachsen

Bastei adalah gunung dan tebing batu nan indah terletak jauh di dalam kegelapan hutan rimba Taman Nasional Sächsische Schweiz yang berada di Negara Bagian Sachsen - Jerman. Tidaklah jauh dari tujuan kami hari sebelumnya yaitu benteng tua peninggalan kerajaan Bohemian Raya yang gagah perkasa, Burg königstein (ceritanya ada disini).

Untuk menuju puncak "surga" tersembunyi ini, orang bisa memulainya dari kota Dresden, dari sini, meskipun Bastei terletak di dalam gelapnya hutan rimba, ada Bus Linie yang berangkat dan kembali secara teratur untuk melayani turis. Tempat perhentian bus terakhir adalah di Bastei-Shuttle, tak jauh dari Bastei. Bus pertama datang pada jam 10.00 pagi, dan bus terakhir akan meninggalkan Bastei pada jam 20.00 malam (sommer). Dresden is a must visit city for travelers who come to Germany, the nature surroundings Dresden is just fantastic!

Tetapi kami tidak menumpang bus karena berada dalam acara tur tahunan Old Timer dan di pandu langsung oleh  teman Insider yang tentu saja mengetahui daerahnya secara detail sampai ke lubang semut yang paling tersembunyi di daerahnya. Dan ini adalah perjalanan memukau menyibak segarnya udara alam pedesaan, melintasi padang rumput berbunga, gelapnya hutan rimba, tikungan tajam dan tanjakan yang memukau.

Pagi itu aku sangat antusias ketika mempelajari rute perjalanan yang akan kami tempuh, ini akan menjadi tur yang sangat berkesan melintasi indahnya alam pada awal musim panas.

Dan benar saja, setelah keluar dari kota Dresden kami silih berganti melintasi kota-kota kecil khas pegunungan dengan banyak konstruksi dari kayu-kayu berhias, kemudian melewati tanah pertanian luas berbukit-bukit, juga memasuki desa-desa kecil indah alami, sampai akhirnya memasuki kawasan Taman Nasional Sächsische Schweiz, dimana bebatuan raksasa menjulang tinggi gagah perkasa dengan dasar menancap kuat pada gelapnya hutan rimba yang di sibak oleh sungai Elbe, berderet sampai mencapai perbatasan Republik Ceko.

Apakah kami tersesat di dalam hutan rimba? Ya tentu saja iya...!

Suatu saat kami berhenti sejenak pada sebuah ketinggian untuk menikmati lembah hujau nun jauh di bawah sana (sambil pipis-pipis dulu karena kebelet), sementara mobil lain yang jumlahnya 75 buah itu melaju terus menuju etape terakhir. Kemudian kami melanjutkan perjalanan.

Entah karena road-book yang mbulet atau kami berdua terlalu terkesima oleh pemandangan hutan rimba yang sedang kami lewati, kami harus dua kali melintasi jalan yang sama sebelum pada akhirnya menyerah dan menyalakan Navigator menuju Bastei sebagai tujuan.

Akibatnya ketika kami sampai di Bastei teman-teman yang lain sudah sedang makan siang, eh... kok ya bukan cuma kami berdua yang terlambat, di belakang kami juga ada beberapa, dengan alasan sama; terkesima oleh rute yang telah kami lewati!

Menjelajahi dan menapak jembatan-jembatan buatan kokoh yang menghubungkan puncak batu yang satu dengan lainnya adalah pengalaman yang mengesankan. Mungkin seperti inilah nanti jembatan yang ada di surga; Dibawah ada panorama hutan belantara dan lembah yang memukau, ada juga sungai Elbe membelah belantara dan meliuk-liuk layaknya naga raksasa. Sementara kami baru saja menikmati makan siang yang sempurna....

Panorama dari restoran teras hotel tempat kami makan siang; Kemewahan tiada tara.
Yang di bawah itu adalah sungai Elbe.
User friendly! Bahkan para Oma-Opa bisa dengan mudah menikmati panorama spektakuler ini, dimana ini
sebenarnya adalah tempat yang sangat berbahaya. Fasilitas mengalahkan ganasnya alam.
Ini tempat paling laris buat berfoto ;)