Mengembara di Negeri Dongeng Betulan


Kembali kami menuju bagian selatan negara Jerman, masuk hingga jauh ke pelosok-pelosok negeri dimana terdapat kastil-kastil kuno yang anggun, misterius, legendaris dan indah berdiri megah di atas bebukitan disana.

Mewahnya, atau uniknya dari perjalanan ini adalah, bahwa kami berkesempatan tinggal selama sepuluh hari pada sebuah kamar di salah satu kastil kuno tersebut. Sebuah kastil yang berdiri anggun di atas sebuah bukit dengan panorama lembah hijau membentang sampai ke batas cakrawala, dan jika senja menjelang, nun jauh disana, di bawah garis cakrawala sana, akan nampak kerlip lampu yang datang dari kastil lain yang berada diatas bukit-bukit lain. Mereka adalah kastil tetangga.

Begitulah, Jerman bagian selatan yang mempunyai lanskap berbukit-bukit dengan hutan rimba diantaranya patut mendapat julukan sebagai sebuah NEGERI SEJUTA KASTIL, saking banyaknya kastil peninggalan masa lalu yang tetap berdiri dengan kokoh disini.


Dan kali ini kami tinggal di kastil Burg Trendelburg, sebuah kastil yang menjadi tempat kejadian pada salah satu dongeng dari Brüder Grimm, dan telah berubah menjadi sebuah hotel sejak tahun 1996.

Burg Trendelburg terletak di negara bagian Kassel.
A nearest big city from Burg Trendelburg is Frankfurt am Main, which is also a must-visit-place if you make holiday in Germany.

Kami menjadikan Burg Trendelburg sebagai tempat tinggal selama menjelajahi Negeri Sejuta Kastil yang populer dengan dongeng-dongengnya itu. Dari sini kami berkendara ke kota-kota kecil disekitarnya, ada tetangga kastil yang cantik bernama Burg Eltz, Kota tua Marburg yang berada di atas sebuah bukit, metropolis Frankfürt am Main, dan melintasi perbatasan menuju Luxemburg City.




Dongeng dan Legenda

Brüder Grimm adalah dua bersaudara yang mengumpulkan dan menciptakan dongeng dan legenda asli Jerman, mereka berdua berusaha untuk mengaitkan legenda dengan tempat-tempat di Jerman, sejak itu terciptalah istilah Deutsche Märchenstraße (arti bebasnya adalah jalur atau jalan dimana dongeng dan legenda terjadi di Jerman). Burg Trendelburg adalah salah satu tempat kejadian sebuah legenda.

Mungkin Brüder Grimm tidaklah familiar di telinga kita, tetapi pernahkah kalian membaca dongeng tentang Rapunzel?
Rapunzel adalah seorang gadis yang disembunyikan oleh nenek sihir pada sebuah menara kastil. Suatu saat sang pangeran jatuh hati dengan nyanyian Rapunzel dan berusaha naik ke atas menara, Rapunzel membantunya dengan cara mengulurkan rambut panjangnya sehingga sang pangeran berhasil naik ke atas menara dengan memanjat rambutnya, sampai akhirnya setelah melewati tipu daya dan intrik si nenek sihir, Rapunzel berhasil dibebaskan oleh sang pangeran, di boyong ke istana megah, menikah dan hidup tenang damai bahagia sejahtera selamanya.... (Dan baru saja aku naik ke puncak menara tempat Rapunzel disembunyikan, sayang rambutku tidak sepanjang itu).

Burg Trendelburg and its famous fairy tail "Rapunzel": Foto: Burg Trendelburg

Atau pastilah kalian pernah mendengar dongeng tentang Cinderella, sleeping beauty,  Pangeran kodok, Serigala dan Tujuh orang anak, Sang Nelayan dan istrinya yang serakah.... 

Di tempat inilah sekarang kami berada - Deutsche Märchenstraße - di tempat dongeng-dongeng anak yang damai dan indah itu tercipta dan pertama kali di ceritakan.
Bagaimana rasanya? Ya tentu saja serasa berada di negeri dongeng!

Itu dia Rapunzel sedang disekap nenek sihir di menara kastil... Bukan eh, tetapi konon kata Brüder Grimm di dalam
menara inilah Rapunzel disembunyikan.

Ini akan menjadi serial cerita liburan dari Negeri Sejuta Kastil yang penuh dengan dongeng dan legenda. Nantikan ya.....

Oh iya tahukah kalian bahwa ternyata Burg Trendelburg terletak tak jauh-jauh banget dari Bad Karlshafen yang kami kunjungi pada musim dingin tahun lalu? Tentu saja mengejutkan ya, aku sadarnya sesaat setelah sampai hotel dan membuka peta, dan sempat tergelak karenanya. Cerita liburan damai nan tenang namun juga sempat ter-blo'on-blo'on tentang Karlshafen bisa dibaca disini.

Bagi yang ingin membaca langsung dongeng dari Brüder Grimm untuk diceritakan kembali sebagai dongeng sebelum tidur kepada adik-adik atau anak cucu kalian, inilah daftar dongeng lengkapnya dalam bahasa asli (Jerman), bagi yang tidak paham bahasa Jerman tentu saja bisa membacanya dalam bahasa Inggris, tinggal klik saja simbol bendera pada website ini (Percayalah, dongeng-dongeng ini dalam bahasa aslinya terasa jauh lebih indah): http://www.grimmstories.com/de/grimm_maerchen/index

2 comments:

  1. Coba jelaskan, kenapa itu Rapunzel rambutnya pendek? itu mah Maximus *kaboooor

    omnduut.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh nganu... Rapunzel masa kini sudah potong rambut mengikuti trend terbaru *butuhPengakuan*

      Delete

Jangan mengambil apapun kecuali manfaat - Jangan meninggalkan apapun kecuali KOMENTAR... Okay deh, terimakasih atas komentarnya, sangat dihargai :)