Roadtrip: Memori Kereta Tua Alb Express


Sinar matahari awal musim panas terasa nyaman, burung berkicau dengan riang ketika kami sarapan bersama di restoran hotel Höhenblick. Jika cuaca bagus seperti ini maka semua orang memilih duduk di luar ruangan dan menikmati hidangan dalam udara sejuk yang bersih, sembari melihat pemandangan lembah hijau di bawah sana....





Selesai sarapan, briefing sejenak membahas rute yang akan kami lalui hari itu dalam rangkaian acara tiga hari road trip melintasi dataran tinggi Swabian Jura yang ada di negara bagian Baden-Württemberg - Jerman. 

Banyak rute cantik dengan pemandangan indah yang bisa dilalui di dataran tinggi Swabian Jura ini, hari ini mobil-mobil oldtimer kami akan menempuh rute sejauh 55 kilometer menuju stasiun  Amstetten. Dari sini kami akan naik kereta api kuno sejauh 20 kilometer menuju stasiun terakhir yaitu Gerstetten, makan siang disana, kembali lagi naik kereta ke stasiun Amstetten  dan menempuh jalan kembali ke hotel melewati jalur indah yang lain.

Iring-iringan Oldtimers kami melintasi sebuah desa kecil yang sepi.......


Keluar dari desa, melintasi lahan pertanian luas membentang...


Dan bebukitan hijau disana-sini....

Matahari bersinar cerah pada hari itu, jadi bagi yang mengendarai Cabrio seperti kami, maka semua orang lebih suka membuka kap mobilnya. Tak masalah samasekali karena rata-rata kami cuma berkendara dengan kecepatan dibawah 80 kilometer per jam. 



Tak sekali pula kami memasuki kota-kota kecil yang berada di seantero dataran tinggi Swabian Jura, dengan rumah-rumah cantik dan indah bergaya Fachwerkhaus....



Dengan berkendara santai sembari menikmati pemandangan memukau di sepanjang jalan, sayang sekali pada akhirnya kami sampai di stasiun....

Tetapi bukan tidak menyenangkan bahwa kami sampai tujuan, dari sini kami akan naik kereta api lucu jaman dahulu sembari mengenang kejayaan kereta api berbahan bakar batu bara, dimana jaman dulu kereta ini adalah sarana transportasi mewah....

Kereta ini jalannya sangat pelan, paling cuma 50 kilometer per jam, jadi tidak ada aturan yang mengatakan bahwa orang tidak boleh mengeluarkan anggota badan melalui jendela.... Disini orang juga bebas hilir mudik dari gerbong satu ke gerbong lainnya meskipun antar gerbong tidak tertutup, yang ada cuma cuma sambungan gerbong sederhana dengan pagar besi pembatas setinggi pinggang.






Angin semilir berhembus segar selama perjalanan, bagi yang haus boleh mengambil minuman dingin di kepala gerbong, belinya langsung sama pak Masinis.


Jalur rel kereta api bersejarah ini di bangun pada tahun 1896, dan saat ini tidak dilalui oleh kereta api modern reguler, hanya sebagai jalur wisata saja, itupun cuma pada musim-musim panas.

Di Stasiun terakhir Gerstetten, orang bisa mengunjungi museum Riffmuseum. Disini, pada dataran tinggi ini terdapat koleksi koral dan bebatuan laut yang berasal dari 145 juta tahun yang lalu.

Kok bisa? Ini adalah dataran setinggi 635 meter dari permukaan laut!

Cerita berawal dari jaman pada saat dinosaurus masih hidup, dimana pada saat itu dataran tinggi Swabian Jura adalah sebuah dasar samudra....
Suatu saat terjadi benturan maha dahsyat antara lempeng Afrika dan lempeng Eropa, akibatnya, dasar samudra ini mencuat ke atas sampai berkilo-kilo meter jauhnya, sehingga di dataran tinggi Swabian Jura ini bisa ditemukan fosil koral, binatang dan tumbuhan laut.

Itulah cerita terbentuknya dataran tinggi Swabian Jura yang awalnya adalah dasar samudra ini...

Where is Gerstetten in Swabian Jura?
  • Dari metropolis Stuttgart berkendara mobil melalui Autobahn A8 sejauh 98,7 Kilometer.
  • Dari stasiun Stuttgart Hbf naik kereta api menuju stasiun mungil Gerstetten selama 2 jam 2 menit, perhatikan rute perjalanan karena harus ganti kereta sebanyak dua kali.

What to do in Gerstetten Swabian Jura?
  • Gerstetten adalah desa wisata, jadi selain pergi ke Riffmuseum, bernostalgia naik kereta tua, orang juga bisa bersantai menyatu dengan alam disini.
  • Wandering dan bersepeda melintasi jalur alam pegunungan yang indah dan damai.

No comments:

Post a Comment

Jangan mengambil apapun kecuali manfaat - Jangan meninggalkan apapun kecuali KOMENTAR... Okay deh, terimakasih atas komentarnya, sangat dihargai :)