Hymer Museum: Sejarah Traveling Orang Jerman


Kalian lihat sendiri kan, bahwa orang Jerman itu suka traveling keliling dunia, bahkan sejak awal peradaban baru saja dimulai. Mereka berkelana, mengembara sampai ke pelosok-pelosok belahan bumi yang lain.
Nah, kami baru saja mengunjungi sebuah museum unik yang menceritakan sekilas tentang kebiasaan orang Jerman blusukan kesana-kemari. Museum-nya unik dan menarik, dikemas dalam sebuah bangunan hi-tech ber-arsitektur modern, minimalis dan kinclong, tetapi mempunyai koleksi masa lalu yang vintage dan klasik...





Bagi penggemar oldtimer (mobil antik) pastilah Erwin Hymer Museum ini adalah museum wajib kunjung dalam daftar mereka, apalagi mereka yang sekaligus menyukai petualangan di alam terbuka, karena museum ini mempunyai koleksi sebanyak 80 karavan, camper, mobil dan motor antik yang bersejarah. Aku saja yang tidak mengerti sama sekali tentang dunia permobilan sampai tergugu-gugu seru melihat koleksi mereka.

Terutama tentang sejarah karavan dan camper, pada awal terciptanya, mereka ini terbuat dari kayu, cuma mempunyai fungsi dasar sebagai tempat tidur dan tidak ada kenyamanan samasekali... pokoknya yang penting bisa dipakai buat tidur pada saat berpetualang.



Tetapi beberapa koleksi juga bisa bikin tergelak, karena dulu ada mobil karavan mewah yang mempunyai fasilitas kenyamanan berlebihan bahkan sampai mempunyai teras di atas kap mobil untuk berjemur dan bersantai....


Oh iya, karavan pertama di Jerman tercipta pada tahun 1931 oleh perusahaan Dethleffs. Mobilnya terbuat dari kayu dan lucu, sayang aku tidak sempat foto. Sama seperti Erwin Hymer, Dethleffs adalah perusahaan pembuat karavan dan camper terkemuka di Jerman, sampai sekarang kedua perusahaan ini tetap gemilang.


Di dalam museum seluas 600 meter persegi ini juga diputar film dokumentasi menggunakan karavan tentang sejarah perjalanan orang Jerman berkeliling dunia. Sangat menarik melihat bagaimana mereka berpetualang di tengah alam, baik di Eropa, Afrika, Asia maupun Amerika.

Juga ada restoran, kafe dan ruang pertemuan.


Where is Hymer Museum?
  • Museum ini terletak berseberangan dengan pabrik mobil Hymer yang ada di Bad Waldsee.  Robert-Bosch-Straße 7, 88339 Bad Waldsee.
  • 152 km dari Stuttgart bermobil melewati jalan A8 dan B30.
  • 165 km dari München melewati jalan A96.

10 comments:

  1. Mirip Museum Transportasi di Malang, Mas Haris. Tapi mirip doang lah, gak sama. Kalau di Hymer Museum koleksinya mungkin dari negara sendiri. Kalau di Malang koleksinya dari seluruh dunia..Kayaknya bendi dan pedati doang yang berasal dari Indonesia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku baru googling museum transportasi malang dan ternyata keren banget ya, kesannya spektakuler, gitu... pake open air segala kayaknya...

      Pastilah aku nanti mampir pas pulkam :)

      Delete
  2. Mobilnya lucu-lucu, lebih lucu lagi kalo bisa dibawa pulang hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haris - ketimpringan.comJuly 15, 2015 at 8:12 AM

      Iya... lebih lucu lagi kalo bisa road trip pake mobil ginian, asik banget ��

      Delete
  3. Main ke museum angkut mas, di malang. Lumayan keren juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti dong, nanti kalo pulkam ke Indo

      Delete
  4. huwaaaaa mau mobil2nyaaa, suka banget sama mobil oldies2 giniiii. Semoga suatu saat bisa ke sini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa... tak doakan semoga terkabul ya....

      Delete
  5. keren bener museum-nya ... inspirasi untuk keliling dunia ... he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju... aku juga tambah semangat nih...

      Delete

Jangan mengambil apapun kecuali manfaat - Jangan meninggalkan apapun kecuali KOMENTAR... Okay deh, terimakasih atas komentarnya, sangat dihargai :)