Aku ada di Venezia, Buon Giorno!


Venezia adalah kota yang sangat menyenangkan! Hampir semua orang yang melakukan perjalanan keliling Eropa menjadikan Venezia sebagai tujuan utama persinggahannya. Bagaimana tidak? disini orang bisa melihat Piazza San Marco yang spektakuler itu, berjalan di lorong-lorong sempit nan indah dan unik di tengah kota tua, naik gondole menyusuri kanal-kanal unik berkeliling kota, mendapatkan udara hangat yang nyaman, dan duduk-duduk menikmati suasana damai, indah dan meriah.

Setidaknya itulah beberapa hal yang telah kami lakukan selama liburan ke Italia. Kami menikmati keindahan kota tua Venezia selama lima hari, bukan layaknya turis harian yang singgah cuma beberapa jam di kota ini kemudian pergi menuju tempat lain di Eropa.


Yang dimaksud kota Venezia oleh turis sehari itu adalah Piazza San Marco, kanal-kanal di dalam kota tua, dan Gondole. Padahal ada daerah-daerah unik yang lebih indah dari Venezia yang itu….



Tentu saja aku tidak menganggap remeh atau melihat dengan sebelah mata akan apa yang dilakukan oleh para turis harian itu, sama sekali tidak. Bahkan aku menyukai tingkah polah mereka yang riang, lucu dan menggemaskan. Tentulah menyenangkan melakukan liburan bersama teman-teman; mereka datang dalam rombongan, ada seorang yang menjadi pemandu dan menjelaskan segala hal menarik disekitarnya, dan mereka selalu bercanda sembari berjalan dalam kelompok sembari melihat-lihat dan menunjuk ini-itu.



Suatu saat kami duduk-duduk santai pada sebuah restoran di Piazza San Marco, tempat paling terkenal yang menjadi tujuan utama para turis dari penjuru dunia mengunjungi Venezia, menikmati suasana damai dan meriah yang ada di sekitar. Kami sempat tergelak dibuatnya ketika melihat serombongan turis berwajah Asia, semuanya mengenakan seragam kaos yang sama. Sang pemandu membawa bendera agar selalu terlihat oleh pengikutnya di tengah kerumunan massa ditengah ratusan rombongan turis lain agar pengikutnya bisa selalu melihatnya, dan mereka semua, para Oma dan Opa dari Asia itu terlihat riang gembira.
Aku jadi ingat emakku di Indonesia, dia juga suka bepergian dalam rombongan.

Dan terbersit sekilas… Wah nanti kalau sudah tua dan tidak bisa berpikir jernih lagi, sepertinya kami akan melakukan hal yang sama seperti mereka.
Kehidupan terus berputar….

Atau pada suatu ketika ketika berjalan-jalan menyusuri kota tua… kami benar-benar merasa ketinggalan jaman dan tidak trendi samasekali ketika berada di Venezia. Kenapa? karena kami tidak punya Selfie-Stick…!


Semua orang, atau setidaknya hampir semua turis membawa selfi-stick itu sembari berjalan kesana-kemari, sementara kami tidak mempunyainya. Pernah ada seorang penjual selfie-stick menawarkan dagangannya dan aku berkata kepadanya bahwa jika selfie-stick itu bisa dipasang pada kamera DSLR kepunyaanku maka aku akan membelinya. Sayang sekali tidak, katanya.
Dia menunjuk ke saku celanaku dan aku berkata bohong sembari tertawa dan berlalu, "I do not have a smart phone".

Piazza San Marco memang selalu menyenangkan. Begitu pula dengan Venezia secara keseluruhan.


Fakta Venezia
  • Venezia adalah  sebuah wilayah Italia yang berada di sebuah laguna, di laguna ini terdapat 118 pulau-pulau kecil.
  • Centro Storico atau kota tua adalah daerah yang paling turistik, inilah yang dimaksud dengan Venezia atau Venice oleh para turis dari seluruh penjuru dunia. Disinilah Piazza San Marco dan jembatan Rialto berada, kota ini hidup dari kunjungan turis.
  • Venezia old town mempunyai banyak julukan; City of water, city of masks, city of bridge, the floating city, dan masih banyak yang lain.
  • Di Venezia kota tua tidak ada mobil maupun kendaraan darat bermotor, bahkan ambulan dan polisi menggunakan boat karena jalanan di Venezia kota tua tidak dibuat untuk kendaraan, saking banyaknya jembatan berundak disini. Fungsi jalan digantikan oleh kanal, di kanal-kanal inilah banyak perahu, boat dan gondole menjalankan fungsi sebagai alat transportasi utama. Canal Grande adalah kanal terbesar yang berfungsi sebagai jalan utama. Di Canal Grande ada water taxi, water bus dan kapal pesiar.

2 comments:

  1. Wah kamu nggak kekinian nih nggak punya selfie stick, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. amit-amit deh... selfie stick. emang kamu punya? haha...

      Delete

Jangan mengambil apapun kecuali manfaat - Jangan meninggalkan apapun kecuali KOMENTAR... Okay deh, terimakasih atas komentarnya, sangat dihargai :)