Wisata Alam di Kota Banyuwangi



Siapa dari kalian yang sudah pernah mengeksplor Kota Banyuwangi? Apa saja yang ada di Kota Banyuwangi?

Kota Banyuwangi merupakan sebuah kota yang berada di Pulau Jawa tepatnya di dalam Provinsi Jawa Timur. Di kota ini ada banyak tempat wisata yang bisa kalian kunjungi. Mulai dari wisata kuliner, wisata kebudayaannya, wisata pendidikan, hiburan, musik sampai wisata alamnya yang indah. Terlebih lagi, ada banyak pantai yang bisa kalian temukan di kota ini. Dan kalau kalian dari luar Banyuwangi, kalian tidak perlu ragu untuk datang, karena di Traveloka ada banyak hotel-hotel murah tempat kamu menginap selama berwisata di Banyuwangi.

Berikut merupakan beberapa destinasi wisata pantai yang menakjubkan yang bisa kalian temukan di Kota Banyuwangi.






1. Pantai Plengkung

Welcome to Plengkung Beach. Pantai ini sangat populer di Kota Banyuwangi. Banyak wisatawan yang datang baik dari penduduk lokal maupun penduduk asing yang datang ke Pantai Plengkung. Setiap tahunnya pantai ini tidak pernah sepi, terutama bagi kalian yang sangat menyukai kegiatan surfing. Ombak dasyat yang ada di Pantai Plengkung sangat menantang para pecinta surfing dan bisa menambah keahliannya dalam menaklukkan ombak.

Terbukti dengan ombak yang dasyat dengan ketinggian mencapai 6 sampai 8 meter. Itu sebabnya, Pantai Plengkung sangat tepat untuk kalian yang menyukai kegiatan surfing. Selain itu, yang unik dari ombak di Pantai Plengkung, ombak ini mempunyai 3 tingkatan ombak.

Yang pertama adalah Kong Waves. Ombak ini tingkatan yang paling tinggi dengan ketinggian yang mencapai 6 sampai 8 meter. Kedua, adalah Speedis Waves. Tingkatan ombak ini yang paling tengah karena memiliki ketinggian 5 sampai 6 meter. Dan yang terakhir adalah ombak yang paling rendah dengan ketinggian mencapai 3 sampai 4 meter. Bila kalian pemula untuk melakukan surfing, tingkatan ombak yang terakhirlah yang paling tepat untuk ditaklukkan. Karena ombak yang sangat tinggi inilah, Pantai Plengkung tercatat sebagai ombak terbaik kedua di dunia setelah pantai yang berada di Hawai.

Namun, ombak yang dasyat ini akan kalian temukan hanya di bulan April sampai Oktober, puncaknya adalah di bulan Agustus. Jadi, jika kalian ingin menantang kemampuan surfing kalian, datanglah ke Pantai Plengkung pada bulan Agustus.

Pantai ini mempunyai pemandangan yang sangat indah karena letaknya yang berada di dekat gunung-gunung dan hutan tropis. Pantai ini memiliki pasir yang berwarna putih.


Sumber: http://www.republikwisata.info
Bagi yang masih sangat amat pemula, tentu saja kalian bisa belajar surfing dulu dibawah bimbingan. Pergi saja ke pantai Pulau Merah. Di sini ada sekolah surfing yang dikelola oleh pemuda setempat. Untuk lebih jelasnya baca postinganku tentang Pulau Merah disini ya....

2. Pantai Rajegwesi

Pantai Rajegwesi berada di Desa Sarongan dan merupakan bagian dari Taman Nasional Meru Betiri. Karena sebagian besar mata pencaharian masyarakat Desa Sarongan adalah nelayan, maka Pantai Rajegwesi ini menjadi salah satu tempat berlabuh perahu-perahu nelayan juga tak jarang di pantai ini sering diadakan pelelangan ikan. Jika nelayan yang pulang dari melaut, banyak yang membantu mendorong perahu-perahu mereka hingga tepi pantai dan akan mendapatkan imbalan satu sampai dua ekor ikan yang mereka dapatkan.

Nelayan-nelayan di sekitar Pantai Rajegwesi masih memegang kepercayaan pada Penguasa Pantai Selatan yang sangat terkenal dengan nama Nyi Roro Kidul. Oleh karena itu, untuk kepentingan bersama yaitu kelancaran dan keselamatan para nelayan yang melaut, masyarakat di sana sering mengadakan upacara adat yang selalu dilaksanakan pada hari jumat legi yang dilihat berdasarkan kalender jawa.

Pantai ini memiliki pasir yang berwarna cokelat. Asal mula warna itu berasal dari lumpur yang terbawa dari sungai yang kemudian bermuara ke Pantai Rajegwesi. Ombak yang ada di pantai ini tidak begitu dasyat hampir mendekati tenang, jadi kalian tidak usah khawatir untuk mengajak anak kalian berenang bersama. Ombak yang kecil ini sebenarnya dipengaruhi oleh sebuah batu karang berwarna kemerah-merahan yang mengandung biji besi. Itu sebabnya pantai ini diberi nama oleh masyarakat sekitar Rajegwesi yang artinya Pagar Besi.

Di pantai ini, kalian juga bisa melihat wisata budaya yang ada di Desa Sarongan seperti kalian bisa mengikuti masyarakat sekitar untuk membuat gula jawa yang berbahan dasar air kelapa hingga menjadi gula jawa.

Di Pantai Rajegwesi merupakan tempat penangkaran penyu langka seperti penyu slengkrah, penyu sisik, penyu belimbing dan penyu hijau. Selain bisa melihat penyu-penyu yang ada bertelur, pengunjung juga dipersilakan untuk bisa bersama-sama melepaskan anak penyu yang baru menetas ke habitat asalnya yaitu laut bebas. Dari segi pendidikan, kalian bisa mengajarkan anak kalian tentang jenis-jenis penyu yang ada.

Pemandangan di sekitar Pantai Rajegwesi sangat indah. Hamparan lautan yang luas dan ombak yang tenang membuat kenyamanan tersendiri untuk kalian menenangkan pikiran. Di samping itu pantai ini dekat dengan hutan tropis yang hijau.

Sumber: http://www.hobbymantai.blogspot.com

Itulah beberapa pantai yang bisa kalian kunjungi di Kota Banyuwangi. Bagi kalian pecinta pantai, wajib mengunjungi dua pantai ini. Setelah kalian berwisata, kalian bisa memesan kamar yang ada di hotel-hotel sekitar pantai sebagai tempat peristirahatan sementara selama berlibur. Pastikan kalian membawa uang yang cukup dan tidak kekurangan. Have Fun!







3 comments:

  1. Aku belum pernah ke Banyuwangi. Banyak juga ya ternyata wisata alamnya di sana. Pantai Plengkung itu cantik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobalah mampir sejenak, banyak wisata bagus di Banyuwangi karena dikelilingi oleh pantai dan gunung-gunung. Tradisinya juga tetap terjaga rapi.

      Delete
  2. indah banget pemandanganyya, thanks for your share ya

    ReplyDelete

Jangan mengambil apapun kecuali manfaat - Jangan meninggalkan apapun kecuali KOMENTAR... Okay deh, terimakasih atas komentarnya, sangat dihargai :)