Liburan Bareng Keluarga di Batu Malang



Kawasan dataran tinggi Batu Malang adalah tujuan wisata keluarga yang sempurna. Di tempat wisata yang mempunyai udara bersih dan sejuk ini terdapat banyak sekali wahana permainan untuk anak-anak, beragam museum, kebun binatang, dan ada banyak sekali tempat nongkrong bagus untuk makan dan minum sembari bercengkerama bersama seluruh keluarga. Di Batu juga ada beragam hotel, rumah inap maupun villa dengan berbagai pilihan fasilitas.

Kami menghabiskan akhir pekan panjang bersama keluarga menuju Batu. Tidaklah jauh perjalanan yang kami tempuh dari Banyuwangi. Karena berjumlah 10 orang, maka kami berkendara dengan dua mobil, beriringan santai sambil menikmati panorama sepanjang perjalanan.

Apa saja yang kami lakukan di Batu? Yang pasti sangat berkesan dan menyenangkan, inilah ceritanya....


Keluarga adalah segalanya, sejauh apapun mereka berada, dan dimanapun kamu mengembara...

Tujuan utamaku ke Indonesia adalah bertemu keluarga. Tetapi apa daya waktuku hanya empat minggu di Indonesia sebelum kembali lagi ke Jerman. Lalu bagaimana caranya memanfaatkan waktu yang cuma sedikit itu untuk keluarga sekaligus untuk melakukan liburan? Tak lucu kan, jauh-jauh ke Indonesia dan isinya cuma bengang-bengong kangen-kangenan di rumah saja bersama mereka...?

Gampang, bawa saja mereka kemana-mana, selama itu masih di Indonesia...!

Jadi tujuan kami adalah Batu Malang. Beberapa hari sebelumnya kami telah pesan sebuah villa karena jika liburan dalam rombongan seperti ini, rasanya tak nyaman jika tanpa persiapan yang matang. Apa jadinya jika sudah jauh-jauh berkendara dan ketika sampai di tempat tujuan tidak mendapat tempat menginap?


Ini keponakanku, baru ketemu sekali dan langsung akrab.

Belakangan ketika sudah sampai di Batu, kami jadi tahu bahwa sebenarnya tak perlu repot-repot pesan villa sebelumnya. Dimana-mana sejak memasuki jalan masuk wisata kota Batu, terdapat banyak sekali spanduk dan tulisan sederhana terpajang di pinggir jalan yang menawarkan villa, rumah inap maupun hotel dengan harga yang variatif, jadi tak ada alasan untuk kehabisan tempat menginap. Kota Batu sudah sangat siap dengan fasilitas ini.

Saking senangnya melakukan liburan bersama seperti ini, bocil-bocil keponakanku sampai histeris tak sabar untuk bermain. Jadi belum juga ketemu alamat villa yang dituju, kami harus berhenti dulu di alun-alun kota Batu.

Alun-alun Kota Batu




Merupakan tempat yang sangat menyenangkan, Alun-alun kota Batu ini terlihat sangat meriah dengan aneka macam permainan, air mancur dalam taman yang bisa dipakai untuk main basah-basahan, ada komedi putar, bianglala dan beragam permainan anak lainnya.

Taman kota disini juga terawat rapi dan rindang. Tentu saja ada tugu buah apel berwarna cerah dan besar. Ini di Batu, daerah penghasil apel terkenal.

Di seputaran alun-alun kota Batu juga ada shopping mall, warung-warung penjual aneka makanan dan minuman yang lezat-lezat, dan ada masjid Agung tempat kami shalat jumat sejenak, sembari menunggu bocil-bocil puas bermain.

Aneka Wahana Permainan dan Kebun Binatang



Di kota Batu Malang terdapat banyak sekali wahana permainan keluarga, khususnya buat anak-anak. Ini adalah surga bagi mereka. Beruntung rasanya kami membawa bocil-bocil bermain di sini. Ada kesenangan tersendiri melihat mereka tertawa lepas dengan mata berbinar-binar senang. Dan... tentu saja kami ikut bermain. Meskipun banyak permainan yang dirancang khusus buat anak-anak sehingga kami tidak boleh ikut main dan hanya bisa melihat saja seperti bom-bom-car, komedi putar, main perang-perangan, petualangan dan segala macam permainan yang menjadi impian anak-anak, tetapi ada juga permainan untuk segala umur seperti perang laser, mengembara di rumah hantu dan komedi ayun...

Pokoknya kalau masuk ke aneka wahana ini, semua orang akan senang dan bergembira. Jika lapar dan haus ada tersedia banyak restoran dan kafe, bagi yang suka berbelanja juga bisa mendapatkannya di kios-kios yang berjejer rapi.

Ini adalah pengalaman tak terlupakan bersama para keponakan, aku akan memberikan segalanya buat mereka atas ijin emak-bapaknya karena aku tinggal jauh dari mereka dan aku ingin mereka tahu bahwa mereka punya paman yang baik yang akan menuruti keinginan mereka.... Aku cukup berbahagia jika mereka tahu dan ingat bahwa mereka punya seorang paman yang baik dari Jerman....

Aneka Museum - Koleksi Cantik


Kami ingin mengunjungi Museum Angkut yang konon merupakan museum kendaraan terbaik se-Indonesia. Kami berpikir bahwa keluargaku tidak akan tertarik untuk melihat dan mengamati mobil-mobil kuno jadi kami pergi cuma berdua.

Di pintu masuk kami sempat tercengang dengan antrian pengunjung. Bagaimana bisa para wanita (dan pengunjung pada umumnya) di Indonesia begitu antusias untuk melihat koleksi mobil? Tak pernah kami menemukan pengunjung sebanyak ini jika pergi ke museum mobil. Bahkan di museum-museum mobil di Jerman.

Keheranan terjawab setelah melewati beberapa hall yang memajang koleksi kendaraan dari masa ke masa....

Museum Angkut ternyata ditata dengan sangat apik, ada tema-tema tertentu yang menggambarkan beberapa kota di dunia. Dengan pengaturan seperti ini tentu saja semua orang akan senang pergi ke museum, bukan untuk mengamati koleksinya melainkan menikmati suasana rekreasi. Sebuah museum yang cerdas untuk menarik minat masyarakat. Sepertinya ini adalah museum mobil paling unik yang pernah aku kunjungi.




Museum Angkut ini tergabung dengan Museum Topeng, di antara kedua museum ini ada danau buatan yang indah sekali dipenuhi oleh warung-warung terapung. Tentu saja kami makan dan minum disini. Ada juga sampan yang berjalan kesana-kemari membawa penumpang. Sangat meriah dan mengesankan.

Sementara Museum Topeng mampu mengingatkanku bahwa Indonesia mempunyai tradisi topeng yang sangat indah di masa lalu... Aku sudah lama tinggal di Jerman jadi secara refleks, jika itu menyangkut masalah topeng maka ingatanku langsung tertuju ke Venezia. 

Apakah kamu sudah pernah mengunjungi kota Batu Malang? Selain makan apel, hal apa saja yang kamu lakukan?

8 comments:

  1. Kalau berwisata ke Batu Malang nggak usah kuatir deh kita bakal mati bosan. Banyak banget atraksi wisatanya sekarang. Sudah begitu bagus bagus lagi. Sampai sekarang aku tidak berhenti kagum ke secret zoo nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secret Zoo? kami belum sempat berkunjung, bukankah itu alasan bagus untuk kembali?

      Delete
  2. Aku blm pernah balik lagi ke batu, mungkin lebih dari 15 tahun ihik ihik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kota Batu sekarang bagus sekali, meriah dan rame. Bersih dan indah. Cuma agak miskin trotoar🙂

      Delete
  3. Pengen ke Batu belum kesampaian nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus sekali Dee, apalagi kalau ajak bocil-bocil, bisa jadi bocil lagi 😁

      Delete
  4. Wah samaan aku juga abis liburan ke kota Batu. Seru banget disana ya. Kota wisata yang ngga cukup 3hari buat keliling obyek2 wisata nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Kota Batu memang bagus buat liburan, nanti kami pasti kembali lagi, tapi nanti lebih banyak ke malang karena katanya kota Malang juga bagus...

      Delete

Jangan mengambil apapun kecuali manfaat - Jangan meninggalkan apapun kecuali KOMENTAR... Okay deh, terimakasih atas komentarnya, sangat dihargai :)