Akhir Pekan di Kopenhagen



Bagaimana rasanya mengunjungi ibukota negara yang mempunyai penduduk paling berbahagia sedunia (berdasarkan riset 2016)? Sangat membahagiakan. Kopenhagen adalah ibukota yang tidak metropolitan melainkan sebuah kota kecil yang apik dan unik, terletak di tepian laut Baltik. Meskipun begitu Kopenhagen adalah kota dengan populasi terbanyak di Denmark.

Saking kecilnya Kopenhagen, kami bisa menjelajahi hampir semua sudutnya dalam sehari dengan berjalan kaki, naik perahu dan bis City Tour dengan tidak terburu-buru. Kopenhagen adalah sebuah kota yang sangat teratur, nyaman, sejuk dan mempunyai aneka macam konstruksi unik, seperti halnya Denmark pada umumnya yang memang terkenal dengan kreativitas konstruksi mereka.

Ini adalah cerita liburan akhir pekan. Kami berangkat hari jumat pagi dari Jerman dan kembali pada hari minggu tengah hari.




Setelah melintasi jembatan Storebรฆlt dari Zealand ke Funen yang mana itu adalah sebuah jembatan terbesar sedunia (ceritanya ada di sini), kami harus berkendara beberapa saat lamanya melintasi kota-kota kecil, pedesaan, persawahan yang membentang luas dan pantai-pantai sunyi sebelum tiba di Kopenhagen. Sebuah road trip menyenangkan tanpa macet sama sekali.

Tiba di Kopenhagen langsung menuju hotel WakeUp yang terletak tak jauh dari Nyhavn. Hotelnya tidak punya tempat parkir, jadi acara selanjutnya adalah cari tempat parkir. Tempat parkir di basement harganya 90€ selama 24 jam, kalau parkir di luar kota cuma 30€. Jadi kami berkendara keluar. Yang menarik dari sistem parkir di Denmark adalah gratis parkir kapanpun dan dimanapun untuk e-car. Itulah sebabnya semakin banyak saja mobil elektronik pakai baterai ramah lingkungan di Denmark.

Nyhavn


Nyhavn artinya adalah 'Pelabuhan Baru', entah kenapa namanya begitu dan dimanakah letak pelabuhan yang lama karena pada kenyataannya Nyhavn adalah sebuah pelabuhan tua yang cantik dan apik dengan banyak bangunan klasik di sepanjang kedua sisinya, di sini juga terdapat bermacam restoran dan kafe.

Kalau dapat kiriman kartu pos dari Kopenhagen, pasti fotonya adalah Nyhavn ini.

Nyhavn adalah tujuan utama berkunjung ke Kopenhagen, suasananya sangat nyaman. Kami suka duduk-duduk di restoran sembari makan dan minum. Di sini terdapat bermacam hotel dan hostel dengan harga bervariasi. Tapi namanya pusat wisata pasti lebih mahal dari hotel yang terletak agak ke luar kota.




Tivoli Park




Tivoli Park adalah taman bermain paling terkenal di dunia yang ada di Kopenhagen, sekaligus ada dalam daftar taman bermain tertua dunia. Sepertinya belum lengkap kunjungan ke Kopenhagen tanpa masuk ke taman ini. Tivoli terletak antara balai kota dan sentral stasiun. Kami menikmati tengah hari sampai malam di Tivoli Park.

Aneka permainan ada di dalam taman rindang seluas 87 ribu meter persegi ini.  Ada roller coaster, bianglala, komedi putar dan segala macam permainan yang bisa kamu bayangkan. Di tengah taman ada danau buatan dan di tengah danau ini berdiri pagoda Cina. Tatkala gelap menjelang maka taman ini semakin memancarkan keindahannya dengan segala lampu warna-warni.

Setidaknya ada 37 restoran, 23 toko cindera mata di dalam taman. Panggung hiburan menampilkan musisi Denmark dan musisi dunia secara berkala.


Lille Havfrue



The Little Mermaid atau bahasa Denmark-nya adalah den Lille Havfrue adalah sebuah patung putri duyung yang berada di sebuah pantai di luar kota. Meskipun berukuran kecil, tetapi ini adalah ikon kota Kopenhagen.

Patung ini selalu mengundang kontroversi dari masa ke masa; 3 kali dipenggal kepalanya, sekali dipotong lengannya, beberapa kali di cat, dan sekali lepas dari batu yang didudukinya dengan bahan peledak.

Ini adalah obyek yang harus didatangi dan kami mengunjunginya sejenak pada saat city tour dengan bus maupun boat. H.C. Andersen (yang nulis serial Lima Sekawan itu), dalam dongengnya mengatakan bahwa putri duyung ini mempunyai sebuah ekor, tetapi dia punya dua ekor.

City Tour dengan Bus dan Boat


Di pelabuhan, kami membeli tiket hop on - hop off. Ada 4 jenis tiket yang dijual yaitu... Bus all lines & boat, Bus all lines, Mermaid tour, Boat tour.

Bus tour mempunyai 3 jalur yaitu Mermaid Tour, Christiania Tour dan Carlsberg tour, sementara boat tour adalah perjalanan keliling kanal dalam kota dan mampir di titik-titik wisata menarik dengan sistem hop on hop off selama 1 jam 20 menit.

Kami beli yang pertama, harganya 245 Kroner (2016) berlaku selama 48 jam untuk naik bus segala jurusan dan boat.

Inilah serial foto dari tour kami keliling Kopenhagen...

Nyhavn, Pelabuhan baru tapi tua, bingung kan?

Selama boat tour, kami mempunyai pemandu yang menjelaskan segala sesuatu.


Ada banyak konstruksi super unik dan kontroversial di Kopenhagen






Apakah kalian sudah pernah mengunjungi Kopenhagen? Apa saja yang kalian temukan di sana? Sebuah kota yang unik dan menarik kan?

5 comments:

  1. belum pernah, tapi kopenhagen sudah lama masuk ke daftar 'to-visit' saya... pingin banget ke sana! :D

    ReplyDelete
  2. Belum pernah, baru punya stiker visa schengen Denmark doang. Kayanya dingin banget itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, itu pas awal musim semi, di Kopenhagen ternyata masih dingin-dingin-empuk....

      Delete
  3. Kota paling dengan penduduk paling bahagia di dunia. Wow... Pasti seru..

    ReplyDelete

Jangan mengambil apapun kecuali manfaat - Jangan meninggalkan apapun kecuali KOMENTAR... Okay deh, terimakasih atas komentarnya, sangat dihargai :)