Liburan Mewah di Pulau Rügen


Matahari musim panas bersinar cerah. Hangatnya terasa nyaman. Kami memutuskan untuk membuka kap mobil cabrio dan berkendara santai sejauh 415 kilometer ke arah Laut Baltik, tepatnya menuju pulau indah Rügen. Kami akan menginap beberapa hari di sebuah resor. Cuma untuk bersantai memanjakan diri di pantai yang berada di tengah suasana alam yang lestari dan damai.

Rügen adalah sebuah pulau terbesar Jerman yang keindahan alamnya sangat memukau. Bahkan banyak yang berpendapat bahwa ini adalah pulau terindah yang dimiliki Jerman. Saking indahnya, pulau ini secara bergantian pernah dikuasai oleh raja-raja dan kaisar masa lalu dari Denmark dan Jerman dengan mendirikan Jagdschloss/hunting palace megah. Dan sudah dijadikan sebagai holiday village sejak rezim nazi berkuasa, meskipun pada kenyataannya proyek ini tak pernah rampung sampai sekarang.

Untuk memasuki pulau kami harus melintasi jembatan. Jembatannya bagus dan jalannya lapang. Sesaat setelah memasuki pulau rasanya seperti berada dalam taman yang luas sekali. Bunga-bunga tertata rapi di sepanjang jalan. Lapang dan indah.



Pulau Rügen terletak di bekas negara Jerman Timur sebelum bersatu pada tahun 1990. Seperti halnya bekas negara Jerman Timur lainnya, disini banyak sekali boulevard, yaitu jalanan yang di kanan kirinya berjajar pohon-pohon besar. Sangat indah dan nyaman berkendara dalam suasana seperti ini.

Resor tujuan kami terletak di kawasan Sellin. Ini adalah sebuah kota kecil yang terletak pada sebuah taman luas dalam pulau. Bukan taman luas yang terletak di kota, kebalikannya. Sellin mempunyai pantai berpasir putih yang sangat panjang dan lapang, laut Baltik berwarna biru toska, hutan lindung yang rindang, kota mungil apik dan Strandpromenade indah tertata rapi.

Tiba di hotel dan ngaso sejenak. Sisa tengah hari itu kami gunakan untuk berenang dan sauna. Cliff Hotel Resort & Spa bitang 4 ini berada di kawasan mewah pulau Rugen. Mempunyai kolam renang indoor dan tiga macam sauna. Sementara di luar dikelilingi oleh taman indah, akses langsung ke pantai menggunakan lift karena terletak di tebing, dan beach club yang dilengkapi dengan dua buah bar,  bermacam kursi baring, Strandkorb, pool, arena bermain anak.

Kami berenang dalam kolam yang luas dan bersih cuma berdua, waktu itu tak ada seorangpun. Oh iya sedikit tips bagi yang mau ke Jerman dan pergi berenang. Jadi di sini ada aturan tak tertulis tapi dilakukan semua orang untuk menjaga kebersihan bersama. Sebelum berenang pastikan shower dulu, pakai sabun, membilas tubuh dengan sempurna baru kemudian nyebur ke kolam. Setelah berenang ya terserah mau shower sabunan lagi atau tidak karena tidak akan mengganggu kenyamanan yang lain. Jangan kuatir kolam renang tidak memakai kaporit lagi.


Ada tiga buah sauna yang tersedia. Sauna ala Finlandia, sauna rempah-rempah dan sauna aromatik. Dari dulu aku merasa tidak cocok dengan sauna ala Finlandia. Sauna ini panas sekali sampai 90°C dan tidak beruap. Jadi benar-benar panas yang kering di ruangan berlapis kayu. Aku sering panik tapa sebab jika masuk sauna ala Finlandia.

Berbeda dengan sauna rempah-rempah. Di dalam sauna ini aku merasa nyaman, tenang, hangat dan lembab. Aroma rempah yang terhirup nafas mampu melonggarkan hidung kemudian kehangatannya bisa aku rasakan dengan sangat nyata memasuki paru-paru dan menjalar ke seluruh tubuh. Sauna rempah selalu mengingatkanku akan masa kecil ketika masuk bermain ke dalam hutan di pinggir desa tempat kami tinggal dulu....

Lain lagi dengan sauna aromatik. Sauna ini mempunyai suhu uap 45° dan menebarkan aroma menthol eukalyptus. Jiwa raga serasa segar bugar dan rileks. Rasa nyaman dan tenang tiada tara. Kemewahan hidup.

Renang dan sauna telah selesai, jiwa raga kembali segar bugar. Sisa hari itu kami gunakan untuk jalan-jalan santai di taman resor yang luas dan indah kemudian turun ke pantai.

Jembatan kayu dari taman hotel menuju lift untuk menuruni tebing menuju pantai
Suasana pantai meriah dan hangat. Di atas pasir luas membentang banyak orang sedang bermain dan bersantai, tak sedikit pula yang berenang. Tapi kami memutuskan untuk jalan-jalan santai saja di atas jalan setapak yang berfungsi sebagai pembatas pantai dan hutan rindang.




Senja menjelang, udara menjadi sejuk, pantai tak ramai lagi. Kami sampai di strandpromenade yang indah dan asri....


Makan malam adalah sebuah kemewahan dengan aperitif segelas champagner. Kami mendapatkan romantic dinner dengan 3 courses yang terdiri dari sup udang sebagai hidangan pembuka, steak domba di atas buncis dan jamur, dan kentang sebagai hidangan utama. Dan makanan penutup yang manis. Selama makan ditemani oleh red wine.


Sebelum beranjak tidur, kami beramah-tamah sejenak dengan tamu yang lain di bar hotel....


Liburan masih panjang. Pulau Rügen menunggu untuk dijelajahi. Nantikan postingan selanjutnya ya... Akan ada banyak cerita dan foto-foto indah dari pulau terindah Jerman ini...

Dimanakah Pulau Rügen?
- 300 km ke arah timur laut dari Hamburg, kurang lebih 3 jam perjalanan bermobil melintasi Autobahn A20.
-  Kereta api dari Hamburg Hauptbahnhof tujuan terakhir Ostseebad Binz yang ada di dalam pulau Rügen, harga mulai 19€, atau naik Flexbus mulai 22€ (September 2016).

6 comments:

  1. judulnya aja udah liburan mewah. duh pasti dompet dan sakuku ngga bakal kesampaian. itu makannya enak enak banget.... ada kata kami di sana, perginya dengan siapa mas? :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekali waktu memanjakan diri lah, menghadiahi diri sendiri dengan kemewahan boleh lho...
      Oh kami berdua, dengan si Thomas, travel mate paling asik...

      Delete
  2. Wah dari photonya saja sudah kelihatan mewah. Pengen sih menikmatinya, tapi terhalang oleh dompet hehe. Melihat photonya saja sudah terpuaskan sedikit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yasudah... kalau begitu selamat menikmati saja ya... fotonya... 😄

      Delete
  3. duuuuh kolam renangnya...
    btw, pantainya kurang putih ya pasirnya mas? atau itu karena faktor cuaca?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh itu pasir pantai tidak benar-benar putih kok, tapi coklat gitu...

      Delete

Jangan mengambil apapun kecuali manfaat - Jangan meninggalkan apapun kecuali KOMENTAR... Okay deh, terimakasih atas komentarnya, sangat dihargai :)