Rügen, Pulau Terindah di Jerman


Rügen adalah sebuah pulau terbesar di Jerman dengan luas hampir 1000 kilometer persegi. Jumlah penduduknya cuma 77 ribu pada tahun ini (2016). Pulau ini terletak di Laut Baltik yang tenang dan berwarna biru toska. Bening sejauh mata memandang. Pantai pasir putih luas membentang mengelilingi pulau. Di sana-sini terdapat tebing batu kapur berwarna putih yang megah dan memukau.

Di dalam pulau merupakan hutan lindung yang rapi, mirip sebuah taman saja layaknya. Hanya sedikit bagian dari pulau ini yang dijadikan sebagai kota pemukiman maupun prasarana liburan, selebihnya adalah keindahan alam tiada tara....




Untuk menuju pulau, orang bisa memulainya dari Hamburg.
- 300 km ke arah timur laut dari Hamburg, kurang lebih 3 jam perjalanan bermobil melintasi Autobahn A20.
-  Kereta api dari Hamburg Hauptbahnhof tujuan terakhir Ostseebad Binz yang ada di dalam pulau Rügen, harga mulai 19€, atau naik Flexbus mulai 22€ (September 2016).

Alam yang sempurna; hutan belantara, laut berwarna biru toska, pantai pasir putih yang landai, ada pula sebuah kota di tepi danau.

Marilah berjalan menyusuri rindangnya hutan. Menikmati semilir angin dan merasakan aroma pepohonan.



 Nun jauh di tengah hutan, berdiri sebuah istana perburuan yang megah, Jagdschloss namanya...


Ada apakah gerangan di sana? Kaisar dari manakah yang punya? mari kita mengunjunginya....


Ini adalah Jagdschloss Granitz yang indah itu. Seperti di negeri dongeng saja penampakannya. Pada masa lalu, istana ini dimiliki oleh Pangeran Wilhelm Malte pada tahun 1837.
Marilah kembali ke masa lalu....

Tangga lingkar menuju puncak menara
Salah satu sudut di dalam istana sang kaisar.

Perkakas makan untuk menjamu para undangan. Keramik mahal dan sendok perak
Sejarah berganti, masa gemilang kekaisaran Jerman runtuh. Penguasa baru mencengkeram negeri indah ini. Nazi yang bengis. Namun masa yang suram tak semuanya muram.  Tak jauh dari istana Jagdschloss berdiri sebuah proyek megah buatan rezim nazi. Koloss von Prora namanya.

Di desa indah tepi pantai ini berdiri kompleks raksasa yang tak pernah rampung hingga kini. Sebuah arsitektur sepanjang 2,5 kilometer yang dibangun sejajar dengan pantai.

Megah dan mewah.


Dan sisa-sisa kekejaman yang bengis dan menyedihkan.... Sebuah pelajaran yang perlu dicanamkan...




Pulau Rügen memang indah, mempunyai alam yang megah. Setelah berjalan di bawah rindangnya belantara dan menyusuri pantai indah tiada tara, kami menemukan sebuah tebing batu yang indah sekali. Köningsstuhl, singgasana sang raja.... Megahnya alam bersanding sempurna dengan megahnya konstruksi buatan manusia...

Tetapi karena sudah terlalu banyak foto, nantikan saja postingan selanjutnya ya... kami akan sampai juga di Binz yang mana itu adalah sebuah wisata pantai untuk kalangan bangsawan, dan naik kereta api uap berkeliling pulau.

Baca juga: Acara selanjutnya liburan asik di Pulau Rügen bisa dibaca disini: Menjelajahi Rügen, Sebuah Pulau Indah di Jerman
Dan menikmati kemewahan resor tempat menginap kami: Liburan Mewah di Pulau Rügen

Sampai jumpa....

No comments:

Post a Comment

Jangan mengambil apapun kecuali manfaat - Jangan meninggalkan apapun kecuali KOMENTAR... Okay deh, terimakasih atas komentarnya, sangat dihargai :)