Liburan Keluarga ke Mallorca Spanyol


Kami memilih Pulau Mallorca sebagai tujuan liburan kali ini. Disamping jaraknya yang dekat dari Jerman, Mallorca adalah sebuah pulau indah dan hangat yang berada di Laut Tengah (Mediterranean Sea). Di sini semua hal menyenangkan buat liburan bisa ditemukan. Ada Palma de Mallorca yang merupakan teluk indah berpasir putih, keindahan alam di dalam pulau yang sangat memukau, kultur yang terjaga dengan baik, penduduk yang ramah, tempat berpesta yang meriah, dan aneka sarana liburan yang sangat lengkap dan rapi.




Pulau Mallorca adalah sebuah pulau mungil yang menjadi tujuan utama turis Jerman. Tak ada bangsa lain sebanyak orang Jerman yang pergi ke Mallorca untuk berlibur. Bahkan Palma de Mallorca, pantai paling terkenal di seantero pulau yang dekat dengan Ibukota pulau ini, telah menjadi 'Jerman'. Semua orang berbicara dalam bahasa Jerman. Nama toko, kafe dan restoran menggunakan bahasa Jerman. Di sini ada Oktoberfest yang digelar sepanjang tahun. Bendera Bayern berkibar dimana-mana.

Begitulah, Pulau Mallorca bisa dikatakan sebagai negara bagian ke 17 dari Jerman, meskipun ini hanya guyonan semua orang.

Untuk itulah kami liburan ke Mallorca. Thomas dan aku, Elna emaknya Thomas, dan tante Dine. Memang agak bermasalah pergi liburan dengan dua orang yang sudah berumur diatas 70 tahun, yang jalannya sudah pelan dan bertongkat. Tetapi kami bisa melakukannya dengan baik. Semua orang menjadi senang dan gembira meskipun pada saat-saat tertentu ada masalah menghadang, seperti waktu makan yang harus tepat, tak bisa banyak berjalan, harus sering duduk-duduk di restoran dan kafe... tetapi mereka berdua adalah dua orang nenek yang mudah dirawat dan tidak cerewet.

Yang perting semua orang senang dan bergembira. Itulah makna sejati dari liburan.

Paket Liburan


Ada saat-saat tertentu kami menjadi turis manja dan tahu beres, apalagi jika rombongan seperti ini, maka paket liburan adalah pilihan yang tepat. Kami booking semuanya dalam sekali proses; tiket rail and fly dimana itu adalah gabungan tiket pesawat, kereta api dan transfer hotel - bandara. Dan kamar hotel termasuk sarapan. Semuanya jadi satu dalam paket wisata. Praktis dan murah.



Sewa Mobil Menjelajah Pulau



Meskipun ukurannya kecil, kami membutuhkan mobil untuk menjelajahi Pulau Mallorca. Tanpa mobil tentu saja kami tak bisa kemana-mana dengan dua orang oma bersama kami. Tentu saja ada bus umum atau paket excursion (paket wisata) yang dengan mudah bisa dipesan dari hotel tempat menginap, tetapi itu bukanlah pilihan yang tepat buat kami berempat.

Bus Hop On - Hop Off



Kami selalu suka dengan bis keliling kota ini. Dimanapun berada di seluruh belahan dunia, jika tersedia, maka kami langsung naik bis hop on - hop off, karena bisa naik turun di sembarang tempat pada titik-titik wisata menarik dalam sebuah kota. Dan liburan bersama dua orang oma tentu saja kami harus melakukannya, tak mungkin mereka mampu berjalan sepanjang hari seperti kami.

Persiapan Mental, Ini Liburan Keluarga



Tidak di Jerman atau di Indonesia, secara berkala kami suka berlibur bersama keluarga. Ada rasa bahagia mengetahui bahwa kami bisa bergembira dengan mereka, dan tidak cuma memikirkan diri sendiri. Keluarga adalah orang yang paling menyenangkan.
Ada sedikit perbedaan dengan keluarga kami di Jerman dan Indonesia. Dengan keluarga Indonesia, kami harus sangat telaten memberi tahu mereka tentang apa yang akan kita lakukan. Dengan keluarga Jerman ceritanya jadi lebih sederhana karena mereka sudah terbiasa liburan.
Tetapi persamaannya adalah bahwa kami semua sangat menikmati liburan bersama, dan mereka semua adalah orang-orang yang mudah dirawat.
Cerita liburan kami bersama keluarga Indonesia bisa dibaca di postingan yang ini: Liburan Bareng Keluarga di Batu Malang

Tentu saja ada saat-saat tertentu bahwa kami harus berpisah dan menikmati waktu kami sendiri. Tidak lucu kan, pergi ke disko bersama dua orang oma? atau nongkrong di kafe hiruk-pikuk sampai malam bersama para bocil dan perempuan berkerudung? Semua orang harus bisa menerima dan menghargai yang lain.

Jadi pada postingan mendatang aku akan bercerita tentang liburan di Pulau Mallorca yang sangat amat indah memukau ini, dilengkapi dengan foto-foto cantik tentu saja. Tunggu kelanjutannya ya....


Where is Mallorca?


- Pulau Mallorca terletak di Laut Tengah, merupakan pulau terbesar dari kepulauan Balearic, berjarak 170 kilometer dari Ibukota Spanyol Madrid.

- Bandara internasionalnya bernama Aeropuerto de Son San Juan yang berada di Palma de Mallorca. Lebih terkenal dengan nama Aeropuerto Palma de Mallorca.

4 comments:

  1. Keluarga bahagia yaaaa hehehe, semoga cepet di karuniai momongan #laluDigampar
    Btw aku kangen jalan ama keluarga, kayak nya dah lama sekali ngak jalan bareng #Merindu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Momongan? wah, kami tak sanggup untuk memulai proyek seumur hidup itu mas Cum, terlalu berat... #LaluBookingTiketLagi
      Sekali-kali asik liburan keluarga, tapi jangan keseringan dan kelamaan #pengalaman

      Delete
  2. Bahagianya halan-halan sama keluarga :) Apalagi kotanya bersih, mau jalan kaki sejauh apapun juga nyaman. Beda kalo di Jakarta. Jalan kaki sedikit sudah batuk kebanyakan polusi Hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suasananya lain gitu kalau jalan bareng rame-rame...

      Delete

Jangan mengambil apapun kecuali manfaat - Jangan meninggalkan apapun kecuali KOMENTAR... Okay deh, terimakasih atas komentarnya, sangat dihargai :)