Tempat Belanja Favorit Turis Indonesia di Jerman



Di kota Neumünster ada sebuah Designer Outlet Center, yaitu kompleks pertokoan yang menjual barang-barang merek terkenal dengan harga miring. Semua jenis mode dan aksesoris bisa ditemukan dengan mudah dan murah disini. Kompleks ini ditata sangat apik dan terlihat seperti sebuah kota dari negeri dongeng saja layaknya.

Uniknya adalah, ketika aku membayar di kasir untuk sebuah jam tangan, si mbak bule itu dengan santai menyapaku dalam Bahasa Indonesia. Aku terbengong sebentar lalu tersenyum maklum; rupanya ini adalah tempat belanja favorit turis dari Indonesia yang sedang liburan di Jerman. Memang sedari tadi aku melihat banyak orang-orang berwajah Asia di sini, tetapi aku tidak menyangka bahwa pegawai toko di sini bisa berbahasa Indonesia.

Bahkan aku sempat ngobrol sesaat dengan sekelompok adik-adik manis dari Jakarta yang sedang liburan di Jerman. Mereka terlihat meriah dan heboh dengan belanjaan yang hampir tidak bisa ditenteng lagi. "Ini kak, ada tax-refund..." kata mereka dengan riang sambil menunjukkan beberapa resi.
Sambil berlalu aku berkata kepada mereka, "Ingat berat bagasi ya..." Merekapun tergelak.

Ternyata Indonesia tidaklah terlalu asing di Jerman.



Kota Neumünster berjarak tak terlalu jauh dari Hamburg, tetapi entah kenapa dia tidak bisa cemerlang seperti Hamburg tetangganya. Oleh sebab itu, untuk menarik pengunjung (dan turis) dari Hamburg, maka Designer Outlet Center yang berada di pinggiran kota ini menyediakan shuttle bus dari dan menuju Hamburg.

Memasuki kompleks Designer Outlet Center ini rasanya nyaman sekali. Di sini tak ada mobil karena semua kendaraan harus parkir di luar kompleks. Semua jalan yang longgar dan lapang itu hanya untuk pejalan kaki. Konstruksi bangunannya sangat apik dan terlihat seperti bangunan dari negeri dongeng. Sejauh kaki melangkah diiringi musik kekinian yang terdengar sayup-sayup.


Semua produk merek terkenal bisa ditemukan di sini jika itu adalah mode dan aksesoris. Ada juga perabotan mewah. Tentu saja ada beberapa restoran dan kafe yang bisa dipakai untuk melepas penat selama acara belanja.




Filosofi dari Designer outlet adalah penjualan produk bermerek dengan harga yang lebih murah daripada di toko biasa. Barang yang dijual adalah barang karena kelebihan produksi, sisa stok dari musim yang sudah berlalu, dan B-ware (barang baru yang dikembalikan tanpa cacat). Jadi tak perlu ada rasa khawatir atau aneh jika berbelanja di outlet.

Meskipun aku bukan seorang shopping-queen, tetapi aku lebih suka untuk membeli barang merek terkenal. Bukan apa-apa tetapi barang mereka lebih bagus dan berkualitas daripada produk massal dari toko kebanyakan.

Tetapi meskipun begitu, tak pernah sekalipun aku mau memakai produk merek terkenal misalnya pakaian, jika disitu terpampang logo mereka. Aku tak mau jadi banner bernyawa.







Lalu bagaimana cara menuju Designer Outlet Center Neumünster? Cara paling gampang dan murah adalah dari Hamburg. Di stasiun kereta api Bahnhof Dammtor ada shuttle bus menuju shopping paradise ini. Setiap hari jumat dan sabtu, berangkat dua kali jam 9.30 dan 12.30. Dan kembali ke Hamburg juga dua kali yaitu jam 15.00 dan jam 18.30. Jadwal belanja yang nyaman kan?

Diluar hari jumat dan sabtu bisa sewa mobil di Hamburg dan berkendara melintasi Autobahn A7 sekitar 1 jam menuju alamat ini: McArthurGlen Designer Outlet Neumünster, Oderstraße 10, Neumünster.

Atau naik kereta dari stasiun Hamburg Dammtor menuju stasiun Neumünster Süd, kemudian jalan kaki atau naik taksi sejauh 2 km menuju alamat di atas.

10 comments:

  1. Orang Indonesia memang senengnya belanja ... dimana2 belanja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belanja memang asik ya... belanja dulu baru beli 😊

      Delete
  2. jangan heran skrg emang banya banget orang Indo di Jerman, apalagi student

    Adis takdos
    travel comedy blogger
    www.whateverbackpacker.com

    ReplyDelete
  3. Oh ini temen ku kmrn jugapamer2 foto di IG nya ttg tempat ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas Cum, di sini selain tempatnya asik, belanja sangat murah meriah kualitas bagus banyak pilihan

      Delete
  4. tulll...jadi aneh kalau dari ujung rambut sampai ujung kaki pakai pakaian yang bermerk (berlogo besar) karena persis seperti papan reklame berjalan/ manekin berjalan hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju... ya kalau pakainya dibayar kayak sponsored post, haha...

      Delete
  5. Emang keren deh orang2 Indonesia.. belanja di mana mana hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip sip... Belanja adalah bagian dari iman eh liburan 😃

      Delete

Jangan mengambil apapun kecuali manfaat - Jangan meninggalkan apapun kecuali KOMENTAR... Okay deh, terimakasih atas komentarnya, sangat dihargai :)