Asiknya Hop-On/Hop-Off Kota Palma Spanyol

Bus City Sightseeing yang berwarna merah ceria itu selalu menjadi kesukaan kami dimanapun berada. Bus wisata yang menggunakan sistem hop-on hop-off ini memang tersebar di kota-kota seluruh penjuru dunia. Setidaknya ada sekitar 100 kota yang mempunyai layanan ini.

Begitu pula pada liburan di Spanyol kali ini. Palma adalah ibukota pulau Mallorca dimana kami berada. Tentu saja kami akan naik bis City Sightseeing ini untuk berkeliling kota dan berhenti di tempat-tempat menarik seantero kota. Apalagi kami sedang liburan bersama dengan dua orang golden ladies yang sudah berumur lebih dari 80 tahun, jadi tidak bisa berjalan terlalu jauh.

Bus City Sightseeing kota Palma de Mallorca mempunyai sebuah jalur mengelilingi kota. Di jalur ini ada 18 buah perhentian menarik di mana pengunjung bisa turun naik sesuka hati sesuai jadwal yang tertera. Dan yang sangat menyenangkan adalah bis ini mempunyai suara guide dalam 8 bahasa. Sayang sekali tidak ada Bahasa Indonesia sebagai pilihan ๐Ÿ˜.

Kami harus naik taksi untuk menuju Palma dari hotel tempat menginap di Playa de Palma. Supir taksi di Mallorca ramah-tamah dan jujur, berkali-kali naik taksi selalu merasa aman dan tidak dipermainkan.
Kenapa tidak membawa mobil sewaan dan memilih naik taksi? Karena cari tempat parkir di kota Palma sulit.

Kathedrale La Seu adalah tujuan pertama kami. Ini adalah tempat paling terkenal di seantero kota. Konstruksi raksasa bergaya gothik ini dibangun pada tahun 1230 di dalam sebuah benteng yang luas. Selain ada gereja, di dalam benteng ini juga terdapat kota tua yang apik dan klasik. Kami sempat berjalan beberapa saat mengagumi keindahan peninggalan bersejarah ini.

Ceritanya ada di sini: La Seu, Masjid Agung Yang Menjadi Kathedral di Spanyol

Setelah puas menikmati waktu di kota tua maka kami menuju perhentian bis hop-on hop-off ini. Letaknya strategis, tepat di pojok gerbang kota.

Untuk beli tiket harus antri, karena ini adalah layanan favorit para turis. Sebuah tiket harganya 19€ berlaku untuk 24 jam, dan dua orang senior penyerta mendapat harga khusus yaitu 9,50€ (harga tahun 2016). Bis ini akan beroperasi mulai jam 9.30 pagi sampai jam 8 malam. Nah, pada jam operasional ini, bis mempunyai interval 15-20 menit, jadi enak untuk dipakai jalan bagi yang malas jalan. Kemudian jika ingin naik bis saja tanpa berhenti, maka sekali putaran (full loop) akan ditempuh dalam waktu 80 menit. Untuk lebih jelasnya silahkan membaca sendiri di website mereka ya.

Baiklah, mari aku ajak keliling kota Palma de Mallorca naik bus hop-on hop-off yang nyaman dan menyenangkan....

Hari itu suasana awal musim gugur terasa hangat dan nyaman, awan menyelimuti kota sehingga sinar matahari tidak terasa membakar. Kami memutuskan untuk ambil tempat duduk di atas, yang tempatnya terbuka agar bisa bebas menikmati pemandangan di luar. Sementara kedua golden ladies kami, tentu saja duduk di bawah, ada tempat khusus buat para senior. Bis sightseeing ini adalah bis bertingkat dua.

Bis berjalan dengan kecepatan nyaman melintasi jalanan kota. Banyak yang bisa dilihat. Ada kesibukan kota yang menarik, tempat-tempat perbelanjaan, pemukiman kota dan beberapa konstruksi antik. Suasana jalanan terasa lapang dan nyaman meskipun kebanyakan jalanan dalam kota adalah jalur sempit. Sesekali bis berhenti pada tempat-tempat perhentian untuk menaik-turunkan wisatawan. Pada saat tertentu ada penjelasan menyenangkan tentang tempat-tempat yang sedang kami lewati dari guide yang bisa kami dengarkan dari earphone, tentang sejarah maupun segala sesuatu yang perlu diketahui....

Tipikal pemukiman dalam kota dominasi warna terakota

Ini benteng bersejarah apa gitu namanya....

Bis berjalan naik menanjak. Berdasarkan buku panduan yang kami dapat, di depan sana akan ada perhentian selanjutnya yaitu Castell de Bellver. Kastil ini unik karena berbentuk bundar dengan taman di tengahnya. Terletak di puncak bukit sehingga mempunyai panorama kota yang indah berbatasan langsung dengan laut mediterania. Dia mempunyai empat buah menara.

Akan tetapi ini adalah kastil dengan sejarah yang kelam. Pertama kali kastil ini sesuai rencananya dijadikan benteng perlindungan dan residen keluarga bangsawan. Kemudian pada suatu saat dijadikan penjara dan tempat pengasingan buat bangsawan yang kalah. Saat ini kastil ini berfungsi sebagai museum dan restoran plus kedai minum.

Kami bertanya kepada kedua golden ladies apakah mereka ingin turun di perhentian depan, dan mereka berterimakasih karena memang sudah ingin pipis dan ingin ngopi.....๐Ÿ˜†

Castell de Bellver, itu adalah dua dari empat menara...
Salah satu sisi panorama, itu adalah kota Palma de Mallorca.

Perjalanan berlanjut, tak lama menunggu, bis city sightseeing datang dan rute selanjutnya adalah menuruni bukit menuju kota....

Porto Pi, kawasan Mall dan pertokoan Palma de Mallorca. Aku selalu suka pohon palm.
Estaciรณ Maritima, tempat golongan the have, the famous and the beauty parkir yacht saat liburan di Mediterania.
Di belakang itu adalah kapal pesiar yang sedang parkir.

Begitulah, hari itu kami lewati dengan santai dan sangat menyenangkan. Sebelum kembali ke hotel tempat menginap di kawasan pantai Playa de Mallorca, aku ingat bahwa kemarin malam sepulang dari bersenang-senang aku kedinginan, sementara aku tidak cukup bawa sweater jadi acara selanjutnya adalah shopping....

Bukankah selalu ada acara shopping dalam liburan? ah sudahlah jangan mencibir. Lihatlah kalau sudah di rumah maka kami akan sangat sibuk sekali, bahkan untuk sekedar berbelanja. Jadi liburan adalah waktu yang tepat untuk berbelanja karena kami punya banyak waktu. Bukankah begitu?

Jangan lupa untuk membaca cerita selanjutnya ya... hari-hari kedepan kami tidak pergi ke kota lagi melainkan benar-benar menikmati alam pulau Mallorca yang ternyata sangat amat memukau saking indahnya. Tunggu kelanjutannya ya...

Where is Mallorca?
- Pulau Mallorca terletak di Laut Tengah/Mediterania, merupakan pulau terbesar dari kepulauan Balearic, berjarak 170 kilometer dari Ibukota Spanyol -  Madrid.

- Bandara internasionalnya bernama Aeropuerto de Son San Juan yang berada di Palma de Mallorca. Lebih terkenal dengan nama Aeropuerto Palma de Mallorca.