La Seu, Masjid Agung Yang Menjadi Kathedral di Spanyol



Selama liburan di Pulau Mallorca Spanyol, kami tinggal di Playa de Palma di mana ini adalah kawasan pantai indah berpasir putih. Nah, ibukota Pulau Mallorca namanya Palma yang bisa ditempuh dengan taksi seharga sekitar 10€ dari daerah Playa, dan hari itu kami berencana untuk menjelajahi kota.

Kathedrale La Seu adalah tujuan pertama kami. Ini adalah tempat paling terkenal di seantero kota dan menjadi ikon kota Palma. Konstruksi raksasa bergaya gothik ini dibangun pada tahun 1230 masehi di dalam sebuah benteng kokoh yang luas. Selain ada gereja, di dalam benteng ini juga terdapat kota tua yang apik dan klasik. Kami berjalan beberapa saat lamanya mengagumi keindahan peninggalan bersejarah ini. Sangat menarik, apalagi jika membaca sejarahnya.

Khalifah dari jazirah Arab pernah menduduki pulau Mallorca pada masa kejayaan Islam sampai tahun 1230. Mallorca merupakan salah satu pintu masuk menuju daratan Eropa. Perdagangan disertai dengan penyebaran agama Islam sangat berjaya di sini. Mereka mendirikan pusat pemerintahan di Palma yang sekarang menjadi ibukota pulau ini. Juga sebuah masjid agung yang berdiri tepat di sini, dimana kathedral la Seu berdiri.

Ketika kejayaan Islam runtuh maka masjid agung itupun dirombak menjadi kathedral. Sejak itulah sejarah kekuasaan berganti.

Untuk menuju kathedral harus menaiki undakan yang jumlahnya banyak sekali. Undakan ini adalah pintu masuk benteng kota tua di mana kathedral berada.

Di tengah undakan tante Dine capek, maklumlah dia sudah berumur 87 tahun dan jalannya sudah pelan, jadi kami dengan senang hati menunggunya. Sembari menikmati suasana....

Suasana kota tua meriah sekali. Banyak turis maupun penduduk lokal hilir-mudik menikmati suasana. Kereta kencana ramai membawa penumpang dan kedai kopi penuh dengan pembeli.





Hari itu udara terasa nyaman karena mendung melindungi kota dari teriknya matahari musim gugur. Aku selalu suka menikmati suasana pulau-pulau di Laut Mediterania, di sini iklimnya selalu bagus, apalagi berada di tengah kota tua seperti itu.

Konon dalaman kathedral ini indah sekali, apalagi pada pagi hari sekitar jam 10 ketika sinar matahari menembus jendela bulat (Rosette) sisi timur dengan kaca warna-warni, maka seluruh kathedral akan diselimuti oleh sinar segala warna yang sangat memukau.

Untuk memasuki kathedral ada tiket masuk seharga 7€ dan untuk menaiki atap teras sehingga bisa melihat seluruh penjuru kota dan menikmati tenangnya laut Mediterania tepat di depan kota, kena biaya 25€ (harga tahun 2016).

Sayang sekali kedua golden ladies penyerta tidak mau masuk, maklumlah mereka terlalu lelah jika berjalan berlama-lama dan kali ini kami tak sampai hati meninggalkan mereka sendirian setelah hari sebelumnya kami tinggal untuk memasuki gua warna-warni memukau Potro Cristo yang ceritanya ada di sini.


Jadi selanjutnya kami menikmati suasana kota tua di dalam benteng sembari jalan santai, lihat sana-sini, beli kartu pos buat teman-teman, dan duduk-duduk beramah-tamah sembari ngopi di tengah keindahan suasana.

Ya...! kopi mahal sekali, satu cangkir capuccino seharga 4€. Dan ternyata memang begitulah lagak lagunya harga-harga di pulau Mallorca ini, jauh sekali perbedaannya antara harga lokal dan harga turis. Waktu tersesat di kota tua Montuiri, kami cuma membayar 4,5€ untuk 3 cangkir capuccini dan secangkir espresso. Bagitu pula dengan makan malam. Kami pernah pergi ke resto lokal dalam kota dan bukan di daerah wisata, harganya murah sekali. Seporsi tapas isi kalamari harganya 2€.

Tapi ya memang begitulah adanya, dan itu juga sangat okay, bahwa tempat-tempat indah kasih harga lebih mahal dari tempat yang biasa saja. Orang tidak hanya makan dan minum tetapi juga menikmati suasana makan dan minum.

Hari itu kami lalui dengan sangat menyenangkan, dan kami penasaran akan apa yang kami temukan besok. Nantikan cerita selanjutnya ya... liburan di pulau Mallorca baru saja dimulai....







Where is Mallorca?

- Pulau Mallorca terletak di Laut Tengah, merupakan pulau terbesar dari kepulauan Balearic, berjarak 170 kilometer dari Ibukota Spanyol -  Madrid.

- Bandara internasionalnya bernama Aeropuerto de Son San Juan yang berada di Palma de Mallorca. Lebih terkenal dengan nama Aeropuerto Palma de Mallorca.

No comments:

Post a Comment

Jangan mengambil apapun kecuali manfaat - Jangan meninggalkan apapun kecuali KOMENTAR... Okay deh, terimakasih atas komentarnya, sangat dihargai :)