Torrent de Pareis, Keindahan Teluk Tersembunyi di Spanyol



Kami menemukan teluk kecil yang luar biasa indah ini secara tidak sengaja. Ini adalah sebuah teluk berdinding bebatuan gunung yang menjulang sangat megah, dan menghadap laut Mediterania yang berwarna biru toska. Sebuah kontras yang unik. Sementara untuk mencapainya, orang harus memasuki sebuah celah sempit dan gua yang berada di bawah gunung.

Torrent de Pareis namanya. Teluk ini juga merupakan sebuah muara berpasir putih, ada pulan kerikil halus di sebelah dalamnya. Tak hanya pemandangannya  yang sangat spektakuler dan indah, jalan menuju ke teluk ini juga sebuah jalur mengagumkan sejauh 15 kilometer. Tak ada habisnya kami mengagumi panorama jalanan yang selalu berkelok dari atas gunung hingga ke pantai. Sangat dramatis melintasi jalan panjang yang mana kamu bisa melihatnya berkelok indah dari atas gunung sampai ke ujung lembah.
 
Kami berkendara santai menikmati liburan di Pulau Mallorca di mana ini adalah pulau terbesar milik Spanyol yang berada di Laut Tengah/Mediterania. Suasana pulau ini tenang dan damai, udara selalu terasa nyaman.

Road trip hari ini adalah berkendara sejauh 200 kilometer melintasi pegunungan bagian barat Pulau Mallorca, kemudian memutar menuju utara dan kembali ke Playa de Palma tempat kami tinggal selama liburan.

Mallorca bukanlah sebuah pulau besar. Jalanan di sini sangat mudah untuk diikuti. Satu-satunya yang harus diperhatikan jika ingin road trip di Pulau Mallorca adalah, pastikan bahwa kamu menginap di Palma de Mallorca yaitu ibu kota pulau ini, atau kawasan terdekat misalnya di Playa de Palma. Kenapa? Karena sejauh berkendara dan ke arah manapun, jika tersesat maka selalu ada papan penunjuk arah menuju Palma. Sangat sederhana seperti itu.

Berkendara santai menikmati hari.... Di depan sana sepertinya ada sebuah desa yang menarik, dan karena hari itu cuaca terasa gerah, maka kami ingin beli es krim. Lihatlah, selalu saja ada alasan untuk makan...

Desanya bernama Fornalutx. jangan tanya bagaimana pengucapannya tetapi tanpa kami sadari, kami berada dalam sebuah desa tercantik yang ada di Pulau Mallorca. Dan memang sangat cantik, bahkan masuk dalam lindungan Unesco....




Puas makan es krim, puas jalan-jalan memasuki lorong-lorong sempit khas pedesaan Spanyol, dan puas mengagumi kecantikan desa asri ini, kami melanjutkan perjalanan, semakin naik menuju dataran tinggi.

Inilah, aku terperangah melihat keindahan alam Pulau Mallorca. Ini adalah kondisi alam yang megah dan agung. Pegunungan batu menjulang tinggi dan terlihat besar sekali. Di sana-sini ada lembah hijau yang damai. Tak ada habisnya aku mengagumi keindahan ini.


Ini adalah kebun Olive, tanaman khas Mallorca. Pohon Olive bisa berusia ratusan tahun.

Lalu, kami sampai di Plataforma des Funicular, yaitu jalur sejauh 15 kilometer mengular berkelok-kelok menuruni gunung yang mendebarkan hati dan bisa menggetarkan perasaan saking indahnya.....

Indah sekali kan? sebentar lagi kami akan turun melintasi jalan berkelok itu...


Ini adalah jalur berbahaya tapi spektakuler. Ada beberapa perhentian pada tempat-tempat yang indah dan tentu saja kami harus wefie dulu.....


Setelah melintasi celah kecil yang ditembus oleh jalan raya, maka sampailah kami di Sa Calobra yang mana ini adalah sebuah sarang bajak laut pada jaman dahulu. Kini Sa Calobra merupakan daerah konservasi dan masuk dalam lindungang Unesco. Di sini ada beberapa resto, warung dan kafe. Ada pula penginapan dengan ijin khusus jika ingin menginap.



Tak jauh dari Sa Calobra ada sebuah jalan setapak yang rapi menembus lubang dan gua di pinggiran tebing pantai. Di balik gua inilah Torrent de Pareis berada. Sesaat setelah keluar melintasi gua, yang ada adalah pemandangan memukau sebuah teluk dan muara yang dikelilingi oleh pegunungan batu menjulang. Terkesan megah dan agung.

Jadi di sini bisa dilihat banyak orang mendeprok begitu saja  di atas pasir terbengong-bengong mengagumi keindahan tiada tara ini, begitu juga dengan kami.

Lalu perlahan-lahan berjalan melihat segala sesuatu yang bisa dinikmati. Beruntung kami bisa ke Torrent de Pareis, karena kami tidak pernah membaca panduan dan menemukan kejutan begitu saja di jalan yang kami lalui.






Jangan lupa ikuti cerita liburan selanjutnya ya... kami masih tinggal beberapa saat lamanya di Pulau Mallorca dan masih banyak foto-foto memukau selanjutnya. Sampai jumpa...

Where is Mallorca?
- Pulau Mallorca terletak di Laut Tengah/Mediterania, merupakan pulau terbesar dari kepulauan Balearic, berjarak 170 kilometer dari Ibukota Spanyol -  Madrid.

- Bandara internasionalnya bernama Aeropuerto de Son San Juan yang berada di Palma de Mallorca. Lebih terkenal dengan nama Aeropuerto Palma de Mallorca.

2 comments:

  1. aku suka lorong2 bangunan itu dan cafe nya enak buat santai yesss

    ReplyDelete
  2. Iya mas Cum, asiiiik sekali... bisa dipakai main petak umpet ๐Ÿ˜€

    ReplyDelete

Jangan mengambil apapun kecuali manfaat - Jangan meninggalkan apapun kecuali KOMENTAR... Okay deh, terimakasih atas komentarnya, sangat dihargai :)