Panduan Liburan Pulau Mallorca Spanyol



Pulau Mallorca berada di Spanyol, memang agak jauh dari Madrid sehingga tidak begitu dikenal oleh pelancong dari Indonesia. Tetapi Mallorca adalah pulau mungil yang sangat unik sehingga layak untuk dikunjungi. Letaknya ada di Laut Tengah membuat kondisi alam Mediterania yang khas dan hangat tipikal daerah sub-tropis sangat terasa di pulau wisata ini.

Pulau Mallorca memiliki kondisi alam yang unik. Meskipun kecil (hanya setengah dari luas Pulau Bali), tetapi memiliki segalanya. Ada pegunungan, lahan perkebunan dan pertanian luas membentang, pedesaan dan perkotaan khas Spanyol yang terlihat antik dan apik, juga pantai-pantai indah berpasir putih. Yang paling menyenangkan adalah bahwa kondisi alam Pulau Mallorca sangat terjaga karena lebih dari separo dari luas pulau ini merupakan taman nasional.

Itulah kenapa Pulau Mallorca menjadi tujuan utama pelancong asal negara-negara Eropa Barat terutama dari Jerman. Disamping letaknya dekat, cuma 2 jam perjalanan pesawat dan iklim yang hangat.

Kami baru saja pulang dari perjalanan seminggu ke Mallorca dan inilah panduan liburan versi kami menjelajahi Pulau Mallorca.




Cara paling gampang menuju Pulau Mallorca adalah dengan pesawat. Pulau ini mempunyai bandara internasional bernama Aeropuerto de Son Sant Joan, atau lebih dikenal dengan nama Airport Palma de Mallorca (kode: PMI) yang terletak di ibukota pulau ini yaitu Palma.
Bisa juga dengan naik ferry dari daratan melalui pelabuhan kota Barcelona dan Valencia. Kapal Ferry ini akan berlabuh di Palma.
Bagi yang punya banyak waktu, ada juga ferry yang berlayar sekali seminggu mengelilingi kepulauan Balearic ini yaitu pulau-pulau mungil Mallorca, Ibiza the party island, dan Menorca.
Mau bawa atau sewa yacht mewah? Banyak sekali... Kepulauan Balearic yang berada di Mediterania adalah arena bermain golongan Europe´s the have and the beauty

1. Lokasi dan Biaya Menginap


Panorama dari balkon hotel Maria Isabel

Kami tidak salah memilih lokasi menginap dan memang begitulah adanya. Lokasi menginap yang paling tepat adalah di kawasan pantai Playa de Palma. Pantai ini adalah tujuan utama turis datang ke Pulau Mallorca  dan tentu saja mempunyai sarana liburan yang sangat lengkap dan menyenangkan. Disamping itu, Playa adalah kawasan terdekat dengan bandara, cuma 15 menit naik bis. Jadi sebenarnya pantai Playa de Palma berada di sentral pulau dengan denyut kehidupan paling dinamis, namun paling santai dan nyaman khas daerah wisata.

Alasan lain adalah karena segala jenis kendaraan umum melintasi kawasan ini. Dan yang lebih penting adalah jika ingin roadtrip seperti kami, maka menginap di kawasan Playa de Palma akan sangat mudah karena semua jalan mempunyai penunjuk arah ke Playa de Palma, untuk berjaga-jaga jika tersesat.

Kami membeli paket wisata meliputi tiket pesawat dan menginap di hotel Maria Isabel yang berada di sentral selama 7 hari termasuk sarapan dan transfer dari/ke bandara seharga 450€ (tahun 2016) per orang dari bandara Hamburg. Hotel ini sangat bersih, pelayanan ramah, variasi hidangan sarapan sangat banyak dan berlebihan. Juga mempunyai indoor dan outdoor pool, serta dua buah sauna.
Maria Isabel adalah adult hotel. Artinya, tak ada hingar bingar suara melengking anak-anak di mana-mana. Merupakan kebalikan dari family hotel. Jadi perhatikan baik-baik deskripsi hotel pada saat booking, sesuaikan dengan keinginan agar tidak makan hati.

Untuk backpacker yang suka menginap di dorm, jangan kuatir... di Playa banyak sekali tersedia hostel. Tarifnya mulai 10€ semalam (tahun 2016).
 

2. Kuliner Khas Spanyol 

 

Dari kiri atas searah jarum jam: Tapas cumi goreng, cocktail udang, ikan bakar, sangria, paella, tapas olive.

Tapas, Tortilla, Paella, Gazpacho... dan banyak lagi kuliner khas Spanyol yang wajib untuk dicoba. Spanyol kaya akan kuliner dan banyak sekali variasi. Khusus untuk kawasan yang ada di Mediterania seperti Pulau Mallorca, banyak sekali jenis makanan sari laut.

Sekali coba, aku merasa cocok dengan citarasa kuliner Spanyol.

Tapas atau Tapa adalah hidangan dalam jumlah sedikit yang biasa dimakan sebagai camilan, tetapi aku suka menggabungkan berbagai jenis tapas sebagai menu makan malam atau makan siang. Tapas bisa jadi merupakan cumi goreng, udang goreng, buah olive, aneka keju dan banyak lagi jenisnya.

Paella adalah nasi yang dimasak bersama lauk-pauk misalnya aneka sari laut seperti udang, potongan ikan, potongan cumi, dan kerang. Mereka dimasak bersama dengan tomat dan rempah-rempah dalam sebuah wajan dan dihidangkan panas-panas. Sangat enak.

Tortilla adalah omelet, ada banyak sekali variasinya. Dan gazpacho adalah sup yang terdiri dari aneka macam sayuran, biasanya dicampur dengan sari laut atau jerohan ayam dibumbui tomat dan aneka rempah. Sup ini rasanya kuat dan nikmat, dimakan dengan potongan roti.

Dan masih banyak lagi jenis hidangan khas Mallorca yang bisa dicoba dan tentu saja tidak perlu disebutkan semua karena bisa-bisa blog ini akan menjadi foodblog.

Minuman yang paling populer di Pulau Mallorca terutama di daerah pantai adalah Sangria. Minuman dingin ini adalah red wine dengan sedikit rum dan berisi aneka macam potongan buah segar. Dan tentu saja banyak ditemukan jus jeruk segar.

Harga makanan di Mallorca sangat bervariasi. Tapas dijual dengan harga mulai 2€ per porsi. Paella 15€.

Tips: Ada perbedaan yang sangat mencolok tentang harga makanan di seantero pulau. Umumnya restoran di area turis harganya dua kali lipat daripada di restoran lokal. Kami pernah makan Paella seharga 5€ sampai 15€ per porsi. Pernah juga membeli kopi seharga 1€ sampai 2,50€. Tergantung lokasi di mana membeli. Sedikit saja berjalan keluar dari area wisata, maka orang akan menemukan kulier murah dengan rasa autentis.

3. Sewa Mobil dan roadtrip

 


Tidaklah mahal untuk menyewa mobil di Mallorca. Kami mendapatkan harga sewa cuma 30€ selama 7 hari untuk mobil kecil Fiat Panda yang muat 4 orang.  Sewa mobil bisa langsung online misalnya lewat rentalcars.com, atau bisa langsung datang ke markas mereka yang berada tepat di sebelah bandara. Di sini ada sixt, europcar, avis, hertz dan masih banyak lagi perusahaan persewaan mobil internsional.

Tips: Usahakan sewa mobil yang paling kecil karena jalanan di Mallorca tidaklah lebar. Dan jangan lupa untuk sekaligus pesan asuransi. Di Mallorca ada aturan ambil penuh kembali penuh, maksudnya bensin terisi penuh pada saat menyewa dan harus penuh pada saat kembali. Jika tidak maka akan didenda. Sebaiknya sewa mobil online saja untuk mengantisipasi kehabisan mobil, ambil dan kembali di bandara.
Belilah peta pulau Urlaubskarte dari Marco Polo di supermrket atau kios, peta ini punya tiga buah rute memutari pulau yang patut dijelajahi.   

Bisa saja tidak sewa mobil selama liburan di Mallorca tetapi akan rugi banyak. Pulau ini sangat indah dan memukau, kondisi alamnya begitu mempesona untuk dilewatkan begitu saja. Sementara untuk menuju tempat satu ke tempat selanjutnya tidaklah dekat, dan lebih dari separo luas pulau ini adalah taman nasional yang tidak dilewati kendaraan umum. Jadi sewa mobil adalah pilihan yang tepat.

Tentu saja ada bis excursion yang informasinya bisa didapat di tempat menginap, tetapi jatuhnya akan lebih mahal. Dan tidak fleksibel.


4. Party Like German



Ada yang pernah mendengar Oktoberfest? Belum? Okay, ini adalah festival terbesar dunia yang paling banyak di-plagiat. Festival ini ada di Munich dan cuma ada pada bulan Oktober.

Kabar bagusnya adalah, Oktoberfest berlangsung sepanjang tahun di Pulau Mallorca. Tepatnya di jalan Schinkenstrasse dekat Ballermann 6.

Lho, nama jalannya kok pakai bahasa Jerman? ceritanya begini; Tak ada bangsa sebanyak orang Jerman yang liburan ke Pulau Mallorca, dan (hampir) tak ada orang Jerman yang belum pernah liburan ke Mallorca. Bahkan sampai ada olok-olok bahwa Pulau Mallorca adalah negara bagian Jerman yang ke 17.
Lha kami saja waktu nongkrong di Bierkönig ketemu Dennis dan teman-temannya. Dennis adalah orang tetangga desa, waktu sedang nongkrong aku iseng posting di facebook, Dennis langsung komen dan tak lama kemudian kami janjian di dekat pintu masuk.

Pokoknya Mallorca adalah pulau liburan favorit orang Jerman karena terbang cuma dua jam saja bisa langsung goler-goler di pantai mandi matahari. Saking banyaknya orang Jerman di sana, dan saking sulitnya orang Jerman berbahasa Spanyol, maka muncul nama-nama jalan maupun tempat dalam Bahasa Jerman, meskipun tak resmi. Begitulah ceritanya kenapa ada nama jalan dan tempat tertentu dalam bahasa Jerman di Pulau Mallorca yang notabene adalah milik negara Spanyol.
Mungkin ceritanya sama dengan Pulau Bali bagi orang Aussie.

Jadi bagi yang ingin party bersama orang Jerman, tempatnya ada di Bierkönig dan Megapark. Yang pertama ada di jalan Schinkenstrasse, yang kedua terletak tak jauh dari situ. Ini ada di kawasan pantai Playa de Palma Ballermann 6.


Lalu bagaimana party-nya orang Jerman? Tidak seperti di club-house kebanyakan dengan musik techno atau disco dan cahaya minim, party-nya orang Jerman meriah dan menyenangkan, ramah dan lucu, lampu blink-blink dan gemerlap layaknya sebuah festival saja...! dengan banyak bir dan musik schlager. Orang Jerman sangat menyukai tradisi mereka, tua muda, laki perempuan, kaya miskin... Jika musik schlager mengalun, semua orang akan bergembira. Schlager adalah Folk-musik irama riang dan rancak dengan lirik sederhana tralala-trilili...😀

Tips: Tanpa bermaksud untuk rasis, harap berhati-hati dengan orang-orang ramah berkulit hitam di sekitar pantai yang telah menunggu di luar. Mereka akan menyapa akrab, memberikan sesuatu misalnya gelang atau kalaung, dan pada akhirnya akan minta uang. Atau salaman, sedikit memeluk atau menempel, dan tahu-tahu dompet hilang. Banyak kasus seperti ini sehingga aku dapat warning dari teman-teman yang sudah pernah ke sana.

5. Pantai dan Ballermann Nomer 6



Pergi ke Mallorca tanpa main ke pantai bagaikan makan nasi tanpa sambal; rasanya kurang nendang...! Pantai paling meriah dan asik untuk bermain adalah Playa de Palma.  Pantai landai berpasir putih sepanjang 6 kilometer ini selalu banyak pengunjung. Pokoknya tempat yang always happening di pulau. Pantai melengkung membentuk sebuah teluk ini dilengkapi dengan pedestrian yang sangat lapang, kemudian deretan pohon palem, lalu ada jogging-track. Setelah itu ada deretan toko suvenir, resto, kedai, warung dan kafe yang menarik. Kemudian ada bolevard rindang dan setelah itu adalah kompleks perhotelan dan sedikit perumahan, sebelum keluar menuju kota dimana orang lokal tinggal dan beraktifitas.

Nah di sepanjang pantai 6 kilometer itu ada 15 strandbars dengan jarak dan desain sama. Di strandbar ini dijual aneka minuman dan makanan ringan untuk orang-orang yang sedang bersuka ria di pantai. Strandbar ini bernama Balneario dalam bahasa Spanyol, dan dikasih nomor urut Balneario 1 sampai Balneario 15 dari ujung ke ujung. Tetapi memang orang Jerman yang terlalu tidak bisa bahasa Spanyol atau entah bagaimana awalnya, Balneario ini berubah nama Jerman menjadi Ballermann.

Strandbar Ballermann 6 adalah tujuan semua orang. Begini alasannya: siang hari orang-orang pergi ke pantai Ballermann 6 untuk berjemur dan kecipak-kecipuk di pantai sampai matahari terbenam, setelah itu mereka langsung pergi party di Schinkenstrasse yang tak jauh dari situ, karena ini ada dalam satu kawasan.

Tips: Jangan pernah membeli apapun dari pedagang asongan yang kadang menawarkan dagangan di pantai. Mereka ilegal. Maksudnya jika ketahuan, pedagangnya akan ditangkap dan pembelinya akan kena denda. Polisi Mallorca punya masalah besar dengan aktifitas perdagangan ilegal ini.

6. Culture and Nature Holiday



Pulau Mallorca kaya akan tradisi dan konstruksi bersejarah. Kondisi alamnya juga sangat memukau. Untuk melakukan culture dan nature holiday, orang perlu berkendara, jadi sekali lagi pilihan yang bagus adalah dengan sewa mobil seperti yang aku sebutkan di atas.

Kami telah menemukan Torrent de Pareis yaitu sebuah teluk tersembunyi dengan jalur pegunungan yang sangat memukau. Di ujung lain pulau ada Formentor, sebuah tebing raksasa spektakuler,  mengunjungi La Seu yang merupakan sebuah masjid agung pada masa kejayaan khalifah Islam menduduki pulau Mallorca dan masih banyak lagi tempat-tempat luar biasa yang kami kunjungi.
 

Sebenarnya seminggu tidaklah cukup untuk menikmati keunikan Pulau Mallorca, kalau bisa sekalian tinggal di sana 😆. Tetapi begitulah, kehidupan terus berlanjut, tempat lain sudah menunggu untuk dijelajahi.

Sampai ketemu pada cerita liburan kami selanjutnya ya... jangan lupa untuk kembali lagi karena kami selalu punya cerita liburan menarik untuk diceritakan.

4 comments:

  1. liburan ke luar negeri masih angan" tapi mudah-mudahan bisa terwujud amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga segera tercapai angan-angannya ya....

      Delete
  2. Wah... seru banget tempatnya.
    Kapan ya bisa sampe ke sana?
    #NabungNabung

    ReplyDelete

Jangan mengambil apapun kecuali manfaat - Jangan meninggalkan apapun kecuali KOMENTAR... Okay deh, terimakasih atas komentarnya, sangat dihargai :)