Liburan Jerman: Mengintai Bukit Para Penyihir



Nun jauh di atas tebing terjal yang menjulang tinggi di pinggiran kota Thale, ada dataran luas yang dikelilingi oleh hutan belantara. Sebuah altar berdiri tepat di tengah-tengah dan pada malam-malam tertentu, ketika penduduk kota di lembah sana sudah terlelap dan bulan purnama muncul, terselenggara ritual tarian mistis oleh para penyihir yang menguasai wilayah Sachsen-Anhalt ini. Suara genderang dan alunan mantera ghaib terdengar sayup sampai ke kota, menghadirkan suasana mistis yang menakutkan bagi seluruh penduduk kota yang diselimuti kabut ini...

Itulah sebabnya situs misterius yang ada di atas bukit ini bernama Hexentanzplatz, yang artinya adalah "Arena Tarian Para Penyihir". Cerita ini terjadi pada abad pertengahan sejarah Eropa ketika negara Jerman belum terbentuk dan wilayah ini merupakan bagian dari kekaisaran masa lalu.

Kini Hexentanzplatz telah disulap menjadi daerah wisata yang cantik dan apik dengan menjaga kesan misterius para penyihir abad pertengahan. Karena dataran ini tinggi sekali dan harus menaiki tebing terjal untuk mencapainya, maka sekarang ada gondola yang membawa pengunjung naik turun bukit.



Kesinilah tujuan perjalanan kami hari ini, menelusuri jejak para penyihir misterius di atas gunung yang berada di tengah hutan belantara Thale. Ini adalah cerita liburan kami di Taman Nasional Harz yang cerita sebelumnya bisa dibaca di sini: Liburan Jerman: Main Salju di Pegunungan Harz

Udara berada di bawah titik beku. Salju lebih tebal dari kemarin. Rupanya tadi malam turun salju. Di tengah udara yang membeku ini kami mulai berkendara menuruni gunung untuk menuju kota Thale, dari kota ini ada gondole yang akan membawa kami mendaki bukit terjal...

  
Pendakian menggunakan gondola sangat menyenangkan, ada sensasi kaki berasa aneh karena gondola-nya beralaskan kaca. Jadi rasanya geli-geli miris... takut jatuh. Semakin naik, pemandangan kota Thale yang sedang berselimut salju terlihat semakin spektakuler. Sekitar 15 menit kemudian sampailah kami di dataran misterius dan magis Hexentanzplatz yang tinggi sekali dan penuh dengan penyihir... atau setidaknya patung-patung penyihir, karena para penyihir yang asli sudah musnah... 

Sepertinya ini adalah si raja sihir, kanan kaki kuda kiri kaki manusia. Anunya terlihat berkilau, pasti karena sering dielus-elus pengunjung πŸ˜†

Dan ini adalah nenek sihir... itu yang bawa sapu terbang bukan yang selfie.

Hexentanzplatz saat ini merupakan taman rekreasi di tengah hutan. Thema yang di usung tentu saja misterius dan magis karena menyesuaikan masa lalu jadi pada saat-saat tertentu di sini ada aneka macam show sulapan dan pertunjukan yang seram-seram, ada juga meluncur naik kereta salju (rodeln)... Di sini tak ada karcis masuk tetapi orang harus membayar naik gondola 6,50€ untuk naik dan turun (2017).   


Namanya juga rumah penyihir, jadi semuanya harus terbalik πŸ˜€



Sangat menyenangkan menghabiskan waktu di sini dengan santai. Suasana alam sungguh terasa nyaman dengan banyak fasilitas yang diatur dengan rapi. Di sini ada sebuah hotel, beberapa resto, kafe dan kedai. Ada pula pasar kecil yang menjual pernak-pernik cindera mata. Kami duduk-duduk beberapa saat lamanya di sebuah kafe yang tepat menghadap ke lembah menikmati segelas gluhwein untuk menghangatkan badan.

Waktu itu salju sedang tebal, jadi harus ekstra hati-hati melangkah. Pada tempat-tempat tertentu jika salju ini memadat dan menjadi es, maka akan licin sekali, serasa berjalan di atas kaca layaknya.





Setelah sekian lamanya "tersihir" oleh ketenangan dan suasana khas Hexentanzplatz, kami turun kembali menuju kota. Itu adalah hari yang santai dan menyenangkan, dan memang suasana seperti itulah yang kami cari dalam setiap liburan. Menikmati waktu yang menyenangkan bersama.

Sampai jumpa pada cerita perjalanan selanjutnya ya...

Where is Hexentanzplatz?
Merupakan bagian dari kota Thale yang ada di negara bagian Sachsen-Anhalt. 250km dari Berlin. Kereta api dan bis murah (Flexibus) mempunyai jadwal rutin ke kota Thale.

No comments:

Post a Comment

Jangan mengambil apapun kecuali manfaat - Jangan meninggalkan apapun kecuali KOMENTAR... Okay deh, terimakasih atas komentarnya, sangat dihargai :)