Panduan Jalur Tulip Route Belanda



Mulai minggu kedua di bulan April sampai akhir minggu pertama bulan mei adalah waktu yang tepat untuk menikmati keindahan bunga tulip. Pada bulan-bulan ini negara Belanda akan tertutup oleh hamparan bunga tulip yang berwarna-warni cerah.

Jadi inilah waktunya keluar dari kota dan berkendara melintasi pelosok-pelosok desa dengan lahan pertanian yang luas, seluas mata memandang sampai ke batas cakrawala. Disinilah orang bisa menemukan hamparan bunga tulip yang berwarna-warni sangat memukau. Sejauh mata memandang hanya tampak hamparan bunga tulip, tulip dan tulip.... keindahan tiada tara meskipun hanya beberapa minggu saja.

Kami baru saja roadtrip melintasi Tulpenroute atau dalam bahasa Inggrisnya dikenal dengan nama 'Tulip Route'. Rute memukau ini tidaklah terlalu jauh dari Amsterdam. tak sampai satu jam keluar kota menuju timur laut, maka kita akan sampai di Nordoostpolder.




Nordoostpolder adalah nama sebuah kawasan yang berada 4 meter di bawah permukaan laut. Benar sekali, daratan ini sebenarnya berada di bawah permukaan laut. Ada tanggul tinggi membentengi kawasan ini dari danau buatan IJSeelmeer sebelum mencapai tanggul yang membendung North sea. Nah disinilah terdapat tulip route terpanjang di Belanda.

Dulu aku sudah pernah melintasi tanggul maha panjang ini. Sangat mengesankan. Ceritanya aku tulis di sini: http://www.ketimpringan.com/2013/11/lintas-tanggul-menuju-holland.html

Biasanya, turis yang ingin melihat bunga tulip akan pergi ke arah selatan ke tempat dimana taman keukenhof berada. Turis yang lebih cerdik tidak hanya memasuki taman Keukenhof tetapi akan berkendara memutari kawasan ini karena di sini juga ada tulip route, jadi kawasan ini sangat terkenal.

Entahlah sebenarnya aku mau selfie tapi silau men...

Hmm... kuning... tidak cocok dengan sweater-ku
Tulip yang ini warnanya cocok kan?

Tetapi sebenarnya tulip route yang lebih panjang dan lebih memukau berada di Nordoostpolder. Rute di sini panjangnya sekitar 100 kilometer memutar-mutar dan kesana-kemari, dan kami hanya melintasi beberapa kilometer saja karena kami berkendara dengan sangat pelan, berhenti disana-dini, selfie-selfie atau sekedar menarik nafas tertahan karena terpukau akan keindahan hamparan segala warna bunga tulip. Lautan bunga sampai ke batas cakrawala. Suatu saat aku akan bersepeda melintasi rute ini.

Orang tidak perlu takut tersesat di sini, karena semua rute telah ditandai, yang diperlukan hanya jalan untuk menemukan rute ini.




Setelah puas menikmati indahnya hamparan tulip... Tidak, aku tidak akan pernah bisa puas dalam hal ini, nanti aku akan kembali lagi, naik sepeda...! Jadi setelhnya kami melanjutkan berkendara menuju Amsterdam, di sana akan menginap semalam sebelum menjemput keluarga dari Indonesia di Schiphol. Jadi tunggu cerita selanjutnya ya....

Apakah kamu sudah pernah melintasi Tulip Route? di mana? yang di Keukenhof itu ya?

No comments:

Post a Comment

Jangan mengambil apapun kecuali manfaat - Jangan meninggalkan apapun kecuali KOMENTAR... Okay deh, terimakasih atas komentarnya, sangat dihargai :)