Road Trip Seru di Frankenland Bavaria


Tiap tahun kami punya tradisi seru bareng teman-teman yaitu road trip. Tujuannya selalu berubah tapi intinya adalah berkendara melintasi jalur-jalur heboh Deutschland off the beaten path yang luar biasa indah dan keluar dari kota-kota besar Jerman.

Kali ini kami akan blusukan menelusuri jalur-jalur indah tersembunyi yang ada di Frankenland, yaitu sebuah wilayah yang berada di negara bagian Bayern.

Frankenland mempunyai alam yang indah sekali, dan lestari. Di sini banyak dataran tinggi yang berada di tengah hutan belantara, lembah hijau dengan desa-desa asri dan tanah pertanian luas membentang sejauh mata memandang. Ada juga gunung-gunung batu pra sejarah menjulang gagah di tengah hutan belantara.

Tentu saja makanan khas Bavaria yang terkenal kelezatannya tak boleh ketinggalan, bahkan makan langsung di tempat asalnya.

Setelah berkendara selama lebih dari 8 jam dari rumah, sampailah  kami di hotel Gröller yang ada di Hirscheid, sebuah desa kecil di Bayern. Kami akan tinggal di sini selama beberapa hari dan menjadikan hotel ini sebagai summer-camp selama road trip.

Senang rasanya berjumpa kembali dengan teman-teman yang ketemunya cuma beberapa hari dalam setahun... mereka tetap saja ramah dan menyenangkan. Sekitar 150 orang akan bersuka-cita dalam acara ini.


Setelah urusan check-in selesai, kami berkumpul di tempat parkir untuk memulai rute pertama road trip Frankenland kali ini.

Anyway, ini adalah klub mobil old timer yang anggotanya tersebar di sentero Bundesrepublik Deutschland yang mempunyai seksi di setiap negara bagian. Tiap tahun ada kegiatan road trip secara berpindah-pindah. Dalam setiap road trip akan diatur oleh panitia lokal mencakup akomodasi, konsumsi, dan rute road trip. 
Tak ada tenaga profesional yang mengelola klub ini. Jadi kami selalu dipandu oleh teman-teman lokal yang tahu betul akan daerah asalnya, artinya tempat-tempat indah yang tidak terdapat di katalog wisata selalu bisa kami temukan. Aku tidak menjadi anggota klub ini, tetapi diajak Thomas yang punya mobil old timer.

Aku tidak bisa mengatakan bahwa ini adalah klub traveling. Memang kami selalu melakukan road trip menyusuri tempat-tempat indah tetapi sebenarnya intinya adalah mobil antik. Mereka adalah orang-orang penyuka mobil dan selalu bangga membawa mobil tua mereka turun ke jalan, road trip.


Lalu bagaimana dengan aku yang tidak mengerti samasekali tentang mobil? tentu saja tidak masalah karena aku suka bagian road trip dan travelingnya... dan makan-makannya.... Diantara 150an orang ini, banyak terselip 'orang-orang yang diajak' seperti aku, jadi kami jadi penggembira saja.... biarlah yang lain ribut membicarakan baut, ban dan persneling... kami secara cerdik akan menepi ngobrol-ngobrol asik thema yang lain...

Aku selalu suka bertemu dengan Balla dari munich dan Markus dari Wina. Pokoknya setiap turun dari mobil di sela-sela road trip selalu saling mencari dan ngumpul bertiga... Karena kami sama-sama tidak tahu tentang mobil. Jadi sebagai golongan minoritas harus bersatu padu, gitu....

Beer bavaria
Ke Bayern tak lengkap tanpa mencoba aneka bir.

Tengah hari itu terasa hangat dan matahari awal musim panas bersinar cerah. Kami semua beriringan berkendara keluar desa dan dengan santai melaju. Tak perlu kuatir kehilangan arah karena kami semua dibekali oleh road-book, yaitu buku panduan arah jalur yang akan ditempuh. Road-book ini punya QRcode dan jika di scan akan membuka google map. Dengan GPS, maka rute-nya akan terpandu secara otomatis.

Yang terpenting dari road trip beriringan seperti ini adalah bahwa jangan sampai kami menjadi biang kemacetan bagi yang lain. Jadi semua harus mengikuti rambu, dan iringan mobil tidak akan menjadikan kami boleh melanggar aturan lalu-lintas atau mengintimidasi pengguna jalan lain, misalnya secara superior mem-blok jalan atau secara tidak bertanggung jawab menerjang traffic light.  Di jalan raya, semua orang mempunya kedudukan yang sama.

Kastil Seehof yang megah dan mewah


Hari itu kami melintasi dataran tinggi yang indah sekali, sedikit memasuki hutan dengan jalan berkelok-kelok. Setidaknya ada dua perhentian yaitu mampir ngopi di sebuah istana indah Schloss Seehof dan pada akhirnya memasuki kota tua Bamberg.

Di Bamberg kami bisa menggunakan waktu secara bebas sampai jam 8 malam harus kembali ke hotel.

Bamberg adalah sebuah kota tua yang rustikal dan nyaman. Ini adalah kota terkenal yang harus dikunjungi jika traveling ke Bayern. Di tengah kota tua Bamberg terdapat dua buah sungai jernih yang membelahnya. Di sungai ini ada boat pariwisata untuk berkeliling kota.

Kami jalan-jalan sesaat menikmati indahnya kota.


Liburan Eropa: Bamberg Jerman


Road trip akan berlanjut, rute selanjutnya lebih seru dan menawan. Keindahan alam Bavaria yang asri akan kami nikmati. Sampai jumpa pada cerita selanjutnya ya....

No comments:

Post a Comment

Jangan mengambil apapun kecuali manfaat - Jangan meninggalkan apapun kecuali KOMENTAR... Okay deh, terimakasih atas komentarnya, sangat dihargai :)