8 Kuliner Wajib Coba di Jerman


Salah satu hal yang paling aku suka dalam Traveling adalah kuliner. Makanan adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah tradisi pada suatu tempat yang sedang kita kunjungi. Jadi begitulah, memang pada dasarnya makanan atau kuliner yang ada di suatu tempat asing adalah hal yang sangat menarik untuk dinikmati dan dihargai.

Itu adalah teoritisnya, pada kenyataannya aku memang suka makan oleh sebab itu aku tidaklah kurus, nanti sajalah urusan diet belakangan, yang penting senang-senang dulu.... Menikmati makanan yang beranekaragam.

Oleh sebab itulah dalam membuat sebuah itin perjalanan, aku selalu mengalokasikan dana lebih untuk kulineran, bukan karena ingin bermanja-manja dan mewah-mewah, eh iya juga ding, tetapi karena juga ingin mempelajari sebuah tradisi dari tempat yang aku kunjungi lewat makanan dan minuman mereka. Meskipun sebenarnya aku ingin yang enak-enak dan yang asik-asik.







Biasanya begini, pagi hari aku sarapan di hotel, ini adalah makanan standar yang tidak terlalu istimewa, yang penting menyehatkan dan cukup kasih energi sampai tengah hari, lalu pergi keluar entah ke mana menjelajahi sebuah tempat asing yang belum pernah aku datangi. Kemudian siang hari akan makan makanan ringan yang tidak terlalu mengenyangkan, biasanya ini kedai-kedai pinggir jalan atau street food. Kemudian sore hari ngopi dan makan kue sembari duduk-duduk santai menikmati suasana.


Lalu malam hari pergi ke sebuah restoran yang nyaman dan tenang untuk menikmati makan malam. Dan jika ada keinginan untuk berpesta, maka kami akan melanjutkannya sampai tengah malam, entah di sebuah kafe, bar, atau restoran. Di tempat tempat inilah aku paling sering melakukan kontak dengan penduduk lokal atau dengan pelancong yang lain. Ini adalah tempat umum untuk bersosialisasi.

Pada postingan ini aku mengumpulkan kuliner wajib coba dari Jerman mulai dari street food, resto menengah sampai resto kelas atas. Selamat menikmati...

Brot



Brot adalah roti. Dengan jumlah mencapai 300 jenis roti, Jerman adalah weltmeister negara pemecah rekor dalam jumlah jenis roti terbanyak dunia. Roti disajikan hampir dalam setiap menu masakan yang ada di Jerman baik untuk sarapan, makan siang maupun makan malam. Brötchen adalah roti pendek dan Brot adalah roti yang berbentuk panjang dengan cara penyajiannya dipotong-potong.

Currywurst Pommes




Currywurst Pommes adalah raja dari segala street food di Jerman. Ini adalah sosis jerman yang panjang dan gemuk disiram saus tomat berbumbu dan ditaburi serbuk kare. Lalu disajikan dengan kentang goreng.

Harga seporsi Currywurst Pommes bervariasi tergantung  di mana membelinya, rata-rata 5 Euro keatas. Currywurst Pommes terbaik bukanlah yang dijual di restoran melainkan yang dijajakan oleh foodtruck atau kedai-kedai pinggir jalan.

Currywurst Pommes adalah food culture di Jerman, konon waktu itu ada seorang tante dari Berlin yang sedang pulang dari belanja kemudian tas belanjaannya jatuh diatas tangga naik apartemennya. Kemudian dia memunguti saus yang pecah dari botolnya, serbuk kari yang juga berantakan dan beberapa serbuk rempah. Dia berusaha membersihkannya dan tanpa sengaja menjilat jarinya yang belepotan, lalu mendapati alangkah enaknya campuran saus tomat, serbuk rempah dan serbuk kare. Selanjutnya dia mencoba mencolekkannya pada sosis yang baru saja dibelinya. Sejak itulah menu makanan unik dan enak ini tercipta.

Haxe atau Eisbein


Di Jerman bagian tengah makanan ini bernama Eisbein, sementara di selatan bernama Haxe. Yaitu seporsi besar lutut babi bagian atas yang direbus lama dengan rempah kemudian di bakar sehingga rasanya sangat berbumbu. Dagingnya lunak dan lembut sementara kulitnya renyah dan garing. Haxe disajikan dengan Sauerkraut (kol putih masak rasa asam) dan kentang rebus.

Haxe adalah makanan favorit daerah Bavaria dan Sachsen. Makanan wajib coba jika Berkunjung ke daerah Selatan. Harga seporsi Haxe bervariasi sekitar 7 Euro per porsi. Seporsi haxe bisa dinikmati oleh dua orang yang sedang kelaparan mengingat lutut babi ini ukurannya jumbo sekali.

Sauerbraten

Masih dari Jerman bagian Selatan, di sini ada menu yang nikmat sekali namanya Sauerbraten. Yaitu daging sapi yang di peram beberapa hari menggunakan red wine, cuka dan beberapa rempah seperti lorbeer dan mustard. Cara penyajiannya dengan digoreng kemudian disiram menggunakan saus asam manis lalu disajikan bersama bola bola kentang. Harga seporsi Sauerbraten berkisar pada 12 euro.

Fischbrötchen



Bagian utara negara Jerman adalah pesisir yang indah dan panjang. Ini mempengaruhi makanan khas daerah sini. Salah satu makanan populer yang berasal dari Jerman Utara adalah Fischbrötchen yaitu roti yang dibelah kemudian diolesi dengan mentega diberi Sepotong daun salad, kemudian ditumpangi dengan sepotong ikan lalu dikasih saus remoulade dan taburan brambang goreng, dan ditutup dengan potongan roti yang lain.

Jenis-jenis ikan yang digunakan sebagai isi antara lain perkedel ikan, ikan herring, ikan Matjes, aneka ikan asap dan udang North Sea yang manis dan gurih. Fischbrötchen adalah tipikal street food yang dijual di kedai-kedai pinggir jalan atau foodtruck. Harganya murah meriah dan disukai semua orang.

Kamu tahu hamburger? Fischbrötchen lebih populer di Jerman Utara karena meskipun penampakannya hampir sama, rasanya jauh berbeda.

Soljanka


Namanya memang terdengar seperti bahasa Rusia atau bahasa Polandia atau bahasa dari negara-negara Eropa Timur karena memang menurut sejarah, ex Jerman Timur (DDR) masuk dalam blok situ. Salah satu makanan wajib coba dari daerah Jerman Timur adalah Soljanka, yaitu sup kental berasa asam manis pedas yang berisi potongan speck (daging berlemak) dan wurst (sosis Jerman) dan dimakan dengan roti. Sup Soljanka terbuat dari tomat, acar ketimun, bawang bombai dibumbui aneka rempah kemudian dikasih sahne (susu kental). Enak sekali.

Pflammkuchen


Satu lagi makanan khas daerah selatan Jerman. Jika negara tetangganya punya Pizza, maka Jerman punya pflammkuchen. Dasaran/kulit Plammkuchen sangat tipis jika dibandingkan dengan pizza, berasa renyah kriuk menyenangkan. Kemudian diolesi merata dengan sour creme selanjutnya dikasih aneka toping. Dulu aslinya hanya ada Elsässer Pflammkuchen yaitu dengan toping irisan speck (daging berlemak) dan bawang bombai kemudian di bakar sampai renyah, kini ada banyak sekali varian pflammkuchen, sebanyak variasi pizza, tetapi rasanya sangat berbeda.

Döner

Döner macht schöner, kata penjualnya. Artinya: döner bisa bikin lebih cantik atau ganteng....!
Jerman adalah negara yang sangat multikulti dan terbuka. Ini juga mempengaruhi kuliner negara ini. Salah satu kuliner nasional wajib coba hasil perkawinan silang antara kultur asli dengan imigran adalah döner. Döner diciptakan pertama kali oleh imigran asal Turki yang datang ketika Jerman mendatangkan tenaga dari luar secara besar-besaran, waktu itu. Jadi döner adalah kebab versi Jerman.

Döner adalah street food yang sangat populer dan bisa ditemukan dimanapun. Döner Teller adalah seporsi irisan daging kebab platte disajikan bersama pommes dan salad, harganya berkisar antara 7 Euro, porsi jumbo.


Apakah kamu sudah pernah ke Jerman? kuliner apa yang sudah kamu coba?

2 comments:

  1. Aku menikmati sekali perjalanan mu di yurop mas. beruntungnya bisa menikmati banyak budaya, banyak rasa dan banyak bahagia dengan orang dibelahan dunia lain. ceritain susah susahnya juga dong masssss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cerita susahnya... apa ya...? oh ada dong, kalau malam-malam ingin gorengan tidak ada abang-abang jualan keliling depan rumah :(

      Delete

Jangan mengambil apapun kecuali manfaat - Jangan meninggalkan apapun kecuali KOMENTAR... Okay deh, terimakasih atas komentarnya, sangat dihargai :)