Mencari Zeus, Cerita Liburan ke Yunani



Kali ini kami terbang liburan menuju Yunani tepatnya ke sebuah pulau mungil indah bernama Rhodos. Di sini ada sebuah beach resort Kolimbia. Di samping memiliki resor-resor mewah, Rhodos adalah sebuah pulau yang mempunyai sejarah panjang di belakangnya. Pulau cantik yang terletak di Laut Mediterania ini pernah dikuasai oleh Turki kemudian berada di bawah kekuasaan negara Italia sebelum menjadi bagian negara Yunani. Itulah sebabnya Rhodos mempunyai tradisi campuran yang unik.

Seperti pulau-pulau mungil lain yang ada di Mediterania, Rhodos merupakan surga bagi wisatawan Eropa. Cuaca hangat yang menyenangkan, makanan lezat, kota yang nyaman, alam indah lestari, banyak pantai bagus, penduduk yang ramah, harga-harga murah meriah… welcome to paradise.



Kami harus terbang selama 3 jam dari Hamburg sebelum akhirnya mendarat di bandara satu-satunya di ibukota Pulau ini yang bernama seperti nama pulaunya yaitu kota Rhodos.



Ini adalah kali pertama kami mem-booking liburan all inclusive, hanya karena lebih murah jika dibandingkan dengan booking perjalanan konvensional satu persatu. Cerita awal liburan tanpa itin ini bisa dibaca pada postingan sebelumnya. Lalu apakah kami menyukai liburan model begini, yaitu tinggal di sebuah resor pantai dengan pelayanan tanpa henti, makan minum gratis sepuasnya, berdiam diri bermalas-malasan dan ongkang-ongkang kaki di taman yang mempunyai bar paviliun, lalu jika kegerahan tinggal nyebur ke kolam kecipak-kecipuk, dan sepanjang waktu tinggal di resor tanpa menjalin kontak dengan dunia luar? Hmm… sulit untuk mengatakannya karena sebenarnya kami lebih suka keluyuran dan jalan entah ke mana jika sedang liburan di suatu tempat, untuk mengenal dan menikmati apapun yang bisa dinikmati di luar sana.

Pada kenyataannya kami tidak pernah berdiam diri, jadi keluyuran terus seperti biasanya. Memang rasanya mubazir ya sudah bayar semuanya tapi jarang hadir buat makan siang dan dinner tapi ya bagaimana lagi, siapa yang mau dikekang, iya kan? burung saja tak bakalan mau dikerangkeng di dalam sangkar emas, kamu mau...? ealah, ternyata aku belum siap jadi orang kaya yang tidak mau blusukan😆

Kolimbia, Kota Resor yang Menyenangkan



Meskipun begitu, daerah ini nyaman. Di sini ada pantai, bukit-bukit batu khas Mediterania, ladang pertanian berisi pohon zaitun dan anggur. Sekitar 500 m dari resor yang kami tempati ada sebuah kota yang menyenangkan & selalu happening. Kota ini terletak di tepian pantai landai di mana kami lebih suka berenang di sini daripada di kolam resor. Jadi setiap malam main ke sini. Entah cuma duduk-duduk di bar pinggir jalan sembari melihati orang orang, atau belanja dan melihat-lihat printilan.


Kota Kolimbia mempunyai boulevard yang panjang dan trotoar-trotoar lebar. Cantik. Kami suka jalan-jalan di sini. Jika kepanasan maka tinggal duduk duduk di pinggir jalan sembari berteduh dan melihat kendaraan yang lewat. Menikmati hari dalam udara yang nyaman.

Excursion

Kota Kolymbia bukanlah kota besar melainkan hanya sebuah resor mungil yang diperuntukkan buat turis (Kamu tahu Nusa Dua? Seperti itulah kira-kira Kolymbia, yaitu daerah yang dibangun buat turis). Tentulah ini menjadi masalah bagi orang yang sering bosan seperti kami tapi jangan khawatir karena Kota ini terhubung baik dengan kota-kota lain yang ada di pulau. Jaringan bus umum dan taksi selalu tersedia. Ada pula bus-bus pariwisata yang mempunyai program ekskursi menuju tempat-tempat wisata terkenal di pulau ini.



Pada suatu hari kami mengikuti bus ekskursi menuju kota Rhodos. Harga tiketnya 10 euro per orang pulang pergi yang tiketnya bisa dibeli di agen perjalanan yang ada di kota atau di resor tempat menginap. Sementara bus umum menuju kota Rhodos seharga 3,50 euro sekali jalan. Tak banyak berbeda kan? Ceritanya akan aku tulis pada episode mendatang...

Ada juga bus ekskursi menuju tempat wisata lain. Dan banyak pula paket mengelilingi pulau atau menyebrang ke pulau lain menggunakan kapal layar yang ditawarkan dari kota resor mungil ini.

Roadtrip mengelilingi pulau



Kami menyewa sebuah mobil seharga 50EUR per hari untuk sehari road trip mengelilingi Pulau Rhodos. Sangat menyenangkan. Tempat-tempat wisata yang konon katanya menarik menurut katalog berada di sebelah utara pulau ini. Tetapi pada malam sebelumnya ketika berkunjung ke sebuah bar dan ngobrol ramah dengan seorang barista, dia menyarankan jika kami menyukai keindahan alam maka pergilah ke Selatan, abaikan saran dan panduan yang diberikan oleh katalog maupun pegawai persewaan mobil.



Dan benar adanya, kami sempat beberapa saat lamanya mengikuti rute yang diberikan oleh persewaan mobil yaitu menuju arah utara yang mana di situ banyak sekali terlihat gambar-gambar tujuan wisata yang menarik sementara di bagian Selatan terlihat kosong dan tidak ada atraksi pariwisata sama sekali. Namun kami tidak menyukainya jadi di tengah jalan kami memutuskan untuk berkendara menuju Selatan pulau.

Dan inilah yang aku bilang welcome to paradise. Kami melintasi jalur yang indah sekali. Di sebelah jalanan terlihat Laut Mediterania yang berwarna biru toska membentang sampai ke batas cakrawala. Di sana sini terlihat gugusan pulau yang luar biasa. Sementara di sebelah jalan yang lain terdapat daratan berbukit-bukit. Sekali waktu terlihat perkebunan anggur ataupun zaitun membentang luas sampai ke atas bukit dan tak sedikit terdapat pegunungan batu yang megah dan perkasa.


Pada saat saat tertentu kami berhenti entah di mana, di sebuah desa kecil atau kota di atas gunung untuk menikmati secangkir kopi Yunani ataupun makan siang. Sangat mengesankan suasana tradisional di Yunani ini, yaitu daerah yang tidak terjamah oleh aktivitas turisme.

Bisa dibilang road trip mengelilingi pulau ini adalah the prime time dalam liburan kali ini.

Belajar jadi orang kaya


Seperti aku bilang sebelumnya bahwa kami tinggal di sebuah resor, jadi di sinilah orang-orang kelebihan duit menginap. Ternyata tidaklah jelek untuk menjadi orang kaya malah sebaliknya. Pokoknya selama tinggal di resor ini, kami benar-benar dimanja dan dilayani dengan baik. Semua pegawai bersikap ramah, makanan enak tersedia sepanjang waktu, camilan lezat tinggal ambil dari atas meja dan aneka minuman yang tak pernah kosong dari tempatnya.

Pool adalah tempat favorit semua orang. Taman yang luas ini mempunyai dua buah kolam renang dan dua buah paviliun tempat kami memesan minuman. Kursi Baring tersedia banyak, meja kursi ada di sana sini. Setiap malam ada pool party dengan musik yang menyenangkan dan orang-orang yang ramah. Serasa jadi sosialista.....

Dan tentu saja cerita liburan ke Yunani ini belum berakhir, masih banyak hal-hal heboh yang kami temui dan foto-foto indah yang harus dipamerkan. Tunggu kelanjutannya ya....

No comments:

Post a Comment

Jangan mengambil apapun kecuali manfaat - Jangan meninggalkan apapun kecuali KOMENTAR... Okay deh, terimakasih atas komentarnya, sangat dihargai :)